Netizen Tuding Megawati Jual TMII ke Tiongkok

by

in

AKUN Facebook Diana Mariana mencoba bikin gaduh dengan memanfaatkan isu pengambilalihan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh pemerintah. Di sebuah grup Facebook, dia menyebut TMII itu ternyata telah dimiliki Megawati dan akan dijual ke Tiongkok.

”Sudah pak Harto difitnah memiliki TMII, padahal sekarang diambil si Megawati madam bansos, trus dijual ke Cina astagfirullah,” begitu komentar yang diunggah akun Diana Mariana sambil menyertakan capture halaman portal kompas.com yang berisi berita pengambilalihan TMII oleh pemerintah (bit.do/MilikMegawati).

Berita di portal itu menyebutkan, pemerintah pusat mengambil alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang telah mengelola TMII selama 44 tahun. Selanjutnya, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan menunjuk mitra baru sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII. Anda dapat membacanya di bit.do/AmbilAlih.

Sejak didirikan pada 1972, TMII berada di bawah pengelolaan Yayasan Harapan Kita. Yayasan itu didirikan Tien Soeharto, istri presiden ke-2 RI. Saat ini, yayasan itu dipimpin Siti Hardijanti Rukmana atau yang biasa disapa dengan nama Mbak Tutut. Sama sekali tidak pernah ada riwayat yang menunjukkan bahwa TMII dikuasai Megawati, apalagi dijual ke Tiongkok.

Kemensetneg menegaskan bahwa Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan aset negara. Menurut Mensesneg Pratikno, TMII sebelumnya dikelola selama hampir 44 tahun oleh Yayasan Harapan Kita.

”Menurut Keppres 51 Tahun 1977, TMII itu milik negara, tercatat di Kemensetneg yang pengelolaannya diberikan kepada Yayasan Harapan Kita. Jadi, Yayasan Harapan Kita ini sudah hampir 44 tahun mengelola aset milik negara yang tercatat di Kemensetneg,” kata Pratikno.


Credit: Source link