NSA dan Veteran Intelijen Bantu UEA Kembangkan Alat Pengintai Internet

by

in
NSA dan Veteran Intelijen Bantu UEA Kembangkan Alat Pengintai Internet

Ilustrasi hacker (Foto: EPA)

Teheran, Jurnas.com – Sekelompok mantan agen Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) dan veteran intelijen elit lainnya membantu Uni Emirat Arab (UEA) mengembangkan alat pengintaian internet rahasia.

Menurut Reuters, Departemen Penelitian Eksploitasi dan Analisis Pembangunan (DREAD), yang kemudian dikenal sebagai Proyek Raven, memata-matai berbagai target dari tersangka ekstremis hingga aktivis hak asasi manusia, pembangkang, diplomat dan personel FIFA.

DREAD didirikan di fasilitas bandara yang tidak digunakan di Abu Dhabi pada 2008 oleh mantan tsar kontraterorisme Amerika Richard Clarke, bersama dengan mantan pejabat NSA yang menjadi kontraktor.

Program ini dimulai sebagai perpanjangan tangan dari Putra Mahkota Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan awalnya dikelola putra pangeran, Khalid.

Para kontraktor melatih staf Emirat dalam teknik peretasan dan menciptakan jaringan komputer dan akun Internet rahasia yang dapat digunakan UEA untuk operasi pengawasan.

Baca juga.. :

Pada 2012, operator DREAD menargetkan akun Google, Hotmail, dan Yahoo untuk mengeksploitasi informasi mengenai target meskipun ada larangan menyerang server AS.

“Evolusi program menggambarkan bagaimana budaya kontraktor Washington mendapat manfaat dari sistem celah hukum dan peraturan yang memungkinkan mantan mata-mata dan orang dalam pemerintah untuk mentransfer keterampilan mereka ke negara-negara asing, bahkan yang terkenal memiliki rekam jejak hak asasi manusia yang buruk,” berbasis di Doha Penyiar Al Jazeera melaporkan.

Dalam sebuah wawancara di Washington, Clarke mengatakan, setelah merekomendasikan bahwa UEA membuat agen pengawasan dunia maya, perusahaannya, Good Harbour Consulting, disewa untuk membantu negara Teluk Persia membangunnya.

Rencana itu, lanjut Clarke, disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS dan NSA, dan Good Harbour Consulting mengikuti hukum AS.

“Insentif itu untuk membantu dalam perang melawan al-Qaeda. UEA adalah mitra kontraterorisme yang sangat baik. Anda perlu mengingat waktu saat itu, pasca 9-11,” katanya. “NSA ingin itu terjadi.”

Mantan ketua Komite Intelijen Dewan AS, Mike Rogers mengemukakan kekhawatiran bahwa mantan pejabat intelijen AS menguangkan dengan bekerja untuk negara-negara asing, dengan mengatakan sudah waktunya bagi Washington untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat terhadap kontrak intelijen asing.

“Segera menghilangkan peluang itu, saya pikir, harus benar-benar di atas meja,” katanya.

Reuters memeriksa lebih dari 10.000 dokumen program DREAD dan mewawancarai lebih dari selusin kontraktor untuk memetakan evolusi misi mata-mata UEA.

Seorang mantan agen DREAD mengatakan program itu meretas email aktivis hak-hak perempuan Saudi Loujain al-Hathloul pada 2017, setelah ia mencoba menentang larangan mengemudi wanita di kerajaan itu.

Pada 2018, hanya beberapa minggu sebelum dekrit kerajaan mengizinkan perempuan Saudi untuk mengemudi, ia ditangkap di Abu Dhabi oleh pasukan keamanan Emirati dan dikirim kembali ke Arab Saudi dengan jet pribadi.

Saudaranya, Walid al-Hathloul mengatakan pasukan keamanan Saudi telah memenjarakannya dengan tuduhan penghasutan dan menyiksanya di sebuah fasilitas rahasia di luar Jeddah.

“Sangat mengecewakan melihat orang Amerika memanfaatkan keterampilan yang mereka pelajari di AS untuk membantu rezim ini,” katanya. “Mereka pada dasarnya seperti tentara bayaran.”

Pengungkapan baru telah menyebabkan Kongres menekan Departemen Luar Negeri untuk menjelaskan DREAD dan dewan juri federal di Washington untuk menyelidiki apakah staf Amerika melanggar undang-undang peretasan AS dalam misi UEA.

TAGS : Alat Pengintai Dunia Maya Uni Emirat Arab

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63837/NSA-dan-Veteran-Intelijen-Bantu-UEA-Kembangkan-Alat-Pengintai-Internet/