Pakistan Minta Dunia Cegah Peperangan dengan India

Pakistan Minta Dunia Cegah Peperangan dengan India

Bendera Kebangsaan Pakistan

Jakarta, Jurnas.com – Perdana Menteri Pakistan mendesak komunitas internasional untuk campur tangan di Kashmir yang dikuasai India dan mencegah perang antara tetangga nuklir India dan Pakistan.

“Apa yang akan terjadi ketika jam malam dicabut akan menjadi pertumpahan darah,” Imran Khan mengatakan kepada Majelis Umum PBB tentang situasi di Kashmir, yang telah berada di bawah jam malam yang diberlakukan India dan pemadaman komunikasi sejak 5 Agustus dilansir Voa.

Hal Itu terjadi ketika India mencabut Pasal 370 konstitusinya, mengakhiri status khusus Jammu dan Kashmir. Tindakan keras keamanan di wilayah mayoritas Muslim telah menyebabkan eskalasi berbahaya antara tetangga.

Warga Kashmir berlindung ketika pasukan keamanan India (tidak digambarkan) menembakkan peluru gas air mata selama bentrokan, setelah membatalkan status konstitusi khusus untuk Kashmir oleh pemerintah India, di Srinagar, 6 September 2019.

Khan memperingatkan bahwa warga Kashmir tidak akan menerima nasib baru mereka, berpotensi menarik tetangga ke dalam perang.

“Jika ini salah, Anda berharap yang terbaik, tetapi bersiaplah untuk yang terburuk,” kata Khan dalam pidatonya di majelis.

Dia mengatakan dia tidak mengancam perang, tetapi dunia harus menganggap serius bahwa itu bisa menjadi kemungkinan jika Pakistan dipaksa untuk menyerah atau berjuang untuk kebebasan.

Berbicara sesaat sebelum timpalannya dari Pakistan, Perdana Menteri India Narendra Modi tidak menyebutkan situasi di Kashmir, tetapi ia berbicara tentang terorisme.

“Sangat penting bahwa dunia bersatu melawan terorisme, dan bahwa dunia berdiri sebagai satu melawan terorisme,” kata Modi kepada majelis.

Polisi India menahan Muslim Syiah Kashmir ketika mereka meneriakkan slogan-slogan pro-kemerdekaan setelah mereka melakukan upaya prosesi keagamaan selama pembatasan di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, 8 September 2019.

Penampilan Modi di PBB adalah yang pertama sejak pemerintahnya memenangkan masa jabatan kedua pada bulan Mei.

India telah mengambil sikap bahwa Kashmir adalah masalah bilateral yang harus diselesaikan dengan Pakistan tetapi telah menolak terlibat dalam setiap pembicaraan.

Di luar PBB, protes duel besar yang mendukung dan menentang tindakan India di Kashmir terjadi Jumat.

Khan mengatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah penjamin penentuan nasib sendiri Kashmir melalui berbagai resolusi Dewan Keamanan dan tidak boleh menyerah pada India. Dia menuntut agar India mencabut jam malam dan membebaskan semua tahanan politik.

“Dan kemudian komunitas dunia harus memberi rakyat Kashmir hak penentuan nasib sendiri,” katanya memberi tepuk tangan.

Para pemimpin, termasuk Presiden AS Donald Trump, telah mendesak kedua negara untuk membuka dialog. 

TAGS : Pemerintah Pakistan India Komunitas Internasional

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60016/Pakistan-Minta-Dunia-Cegah-Peperangan-dengan-India/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of