Pamer Kekuatan, Israel Uji Coba Sistem Rudal Berkemampuan Nuklir

by

in
Pamer Kekuatan, Israel Uji Coba Sistem Rudal Berkemampuan Nuklir

Ilustrasi Israel uji coba sistem rudal yang berkemampuan nuklir (Foto: Ist)

Tel Aviv, Jurnas.com – Militer Israel dilaporkan berhasil menguji sistem propulsi yang digunakan untuk membawa rudal berkemampuan nuklir. Uji coba tersebut disebut sebagai unjuk kekuatan yang ditujukan pada Iran.

Saluran televisi Israel i24 News mengatakan, uji coba tersebut dilakukan di Palmachim Airbase di selatan Tel Aviv pada Jumat (6/12).

“Militer melakukan uji peluncuran beberapa menit yang lalu dari sistem motor roket. Tes dijadwalkan sebelumnya dan dilakukan sesuai rencana,” kata media tersebut mengutip Kementerian Urusan Militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Sistem yang digunakan, lanjutnya, dapat digunakan untuk membawa rudal pencegat, seperti Arrow 3, atau menyerang rudal seperti Jericho 3, yang dikatakan memiliki jangkauan 2.000 kilometer, yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Video yang ditayangkan i24 menunjukkan jejak putih di wilayah Tel Aviv yang lebih besar setelah tes yang diduga, di mana, kata saluran itu, warga belum diperingatkan sebelumnya. Tes yang dilaporkan juga mengganggu pola normal lepas landas dan mendarat di bandara Ben Gurion.

Baca juga.. :

Israel adalah satu-satunya pemilik senjata nuklir di Timur Tengah, tetapi kebijakannya adalah untuk tidak mengkonfirmasi atau menyangkal memiliki senjata atom.

Namun, mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Jimmy Carter dan berbagai surat kabar dan laporan media terkemuka memverifikasi kepemilikan rezim tersebut atas senjata-senjata non-konvensional.

Israel saat ini diperkirakan memiliki 200 hingga 400 hulu ledak atom. Rezim ini juga diyakini memiliki kemampuan melesatkan kemampuan hulu ledak nuklirnya dalam sejumlah metode, termasuk dengan pesawat terbang, dengan rudal jelajah yang diluncurkan kapal selam, dan seri rudal balistik jarak menengah sampai antar Jericho.

AS sekutu Israel yang paling berdedikasi dan terbesar, selalu melakukan veto terhadap langkah-langkah PBB yang berusaha meminta rezim untuk bertanggung jawab atas berbagai tindakan seriusnya, termasuk penolakannya bergabung dalam Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir.

Pada bulan November, Washington dan Tel Aviv menghindari Konferensi tentang Pembentukan Zona Timur Tengah yang Bebas dari Senjata Nuklir dan Senjata Senjata Pemusnah Massal Lainnya di sesi pertama di Markas Besar PBB di New York.

Berbicara di konferensi itu, utusan PBB untuk PBB, Majid Takht-e Ravanchi, menyebut keduanya sebagai hambatan utama untuk membersihkan wilayah senjata nuklir.

“Kebijakan dan tindakan mereka yang tidak bertanggung jawab untuk memperbanyak WMD seharusnya tidak diterima masyarakat internasional,” tambahnya.

TAGS : Senjata Nuklir Iran Israel Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/63564/Pamer-Kekuatan-Israel-Uji-Coba-Sistem-Rudal-Berkemampuan-Nuklir/