Partai Gelora Bisa Bisa Ganggu Perolehan Suara PKS

0
Partai Gelora Bisa Bisa Ganggu Perolehan Suara PKS

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta.

JAKARTA , Jurnas.com – Kehadiran Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia dinilai bakal mengganggu perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Di satu sisi, munculnya Partai Gelora semakin mewarnai dunia perpolitikan di Indonesia. Tapi di sisi lain, hadirnya Partai Gelora bisa jadi sekadar menjadi parasit bagi PKS,” kata Pengamat politik yang juga menjabat Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Menurut Karyono, Partai Gelora yang sedari awal pendiriannya digawangi para petinggi PKS tentu dapat menarik minat kader. Sebab loyalis Anis Matta dan Fahri Hamzah yang tak suka dipimpin Sohibul Iman, kata Karyono, mungkin akhirnya berlabuh ke kendaraan baru.

Di sisi lain, kata dia, Partai Gelora juga tidak mudah mendapatkan dukungan dari kalangan pemilih di luar basis PKS. Pasalnya, selain harus bersaing dengan partai lain yang saling berebut ceruk pemilih dari pelbagai segmen. Hambatan lain yang mengganggu Partai Gelora adalah terbentuknya imej sebagai partai barisan sakit hati.

“Karena Partai Gelora didirikan sejumlah mantan pengurus PKS yang berkonflik. Oleh karenanya, kondisi yang kemungkinan bisa terjadi justru Partai Gelora tidak lolos ambang batas parlemen. Sehingga skenario yang terjadi Partai Gelora sekadar menjadi parasit yang menggerogoti kekuatan PKS,” ungkapnya.

TAGS : Partai Gelora PKS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72689/Partai-Gelora-Bisa-Bisa-Ganggu-Perolehan-Suara-PKS/

Leave A Reply

Your email address will not be published.