Pasca Ledakan, Lebanon Minta Dukungan Negara-negara Arab

by

in
Pasca Ledakan, Lebanon Minta Dukungan Negara-negara Arab

Citra pelabuhan di Kota Beirut pasca ledakan yang diambil oleh satelit milik perusahaan Maxar (Foto: Maxar Technologies)

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Lebanon Michel Aoun meminta negara-negara Arab hari ini untuk mendukung Lebanon setelah ledakan besar di pelabuhan Beirut, yang menewaskan ratusan jiwa dan melukai ribuan orang.

“Lebanon membutuhkan bantuan di setiap bidang, dan ada harapan besar di negara-negara persaudaraan Arab,” kata Aoun dalam pernyataan menyusul pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, di istana presiden di Beirut, dilansir Middleeast, Minggu (09/08).

“Skala bencana itu sangat besar,” katanya, seraya meminta negara-negara Arab untuk berkontribusi dalam pembangunan kembali Beirut.

Sementara itu, Aboul Gheit mengatakan bahwa dia meyakinkan presiden Lebanon tentang dukungan Liga Arab untuk Lebanon.

Ketua Liga Pan-Arab mengatakan dia akan berpartisipasi dalam konferensi internasional yang ingin diselenggarakan Prancis untuk mendukung Lebanon.

Baca juga.. :

“Kami akan menyampaikan tuntutan Lebanon kepada komunitas internasional,” kata Aboul Gheit.

Pada hari Kamis, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan dalam kunjungannya ke Beirut bahwa Prancis, AS, UE, dan Bank Dunia akan menyelenggarakan konferensi global untuk mendukung Lebanon.

Sedikitnya 154 orang tewas dan 6.000 lainnya dalam ledakan besar yang mengguncang pelabuhan Beirut pada hari Selasa.

Para pejabat mengatakan ledakan itu, yang menyebabkan kerusakan properti besar-besaran di beberapa lingkungan di Beirut, disebabkan oleh ledakan 2.750 ton amonium nitrat yang telah disimpan secara tidak aman di pelabuhan selama enam tahun.

Pemerintah Lebanon telah mengumumkan pembentukan komite investigasi untuk menyelidiki insiden tersebut, yang terjadi saat Lebanon terguncang di bawah krisis ekonomi terparah.

TAGS : Ledakan Beirut Presiden Lebanon Negara Arab

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76696/Pasca-Ledakan-Lebanon-Minta-Dukungan-Negara-negara-Arab/