Pasukan Yaman Rebut Kembali Pulau Socotra

by

in
Pasukan Yaman Rebut Kembali Pulau Socotra

Juru Bicara Tentara Yaman, Brigadir Jenderal Sharaf Loqman (Foto: IRNA)

Jakarta, Jurnas.com – Pasukan pemerintah Yaman mengambil kembali kendali di sebuah kamp militer di pulau Socotra yang strategis yang sebelumnya direbut oleh separatis Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung UEA.

Dilansir Middleeast, pasukan STC melarikan diri sebelum operasi pemerintah. STC merebut kamp militer pada 18 Februari setelah Hussain Shaif, komandan pasukan khusus, menolak keputusan pemberhentian Kementerian Dalam Negeri.

Saif kemudian menempatkan pasukannya dan STC di sekitar kamp.

Pemerintah Yaman menyalahkan gerakan kelompok separatis yang didukung UEA terhadap pemerintah di provinsi Socotra, yang dibentuk oleh enam pulau.

Kelompok bersenjata STC berusaha melakukan kudeta yang gagal pada Oktober 2019 untuk merebut Socotra.

Baca juga.. :

Milisi yang didukung UEA menggerebek bandara di Socotra pada bulan Desember dan menyandera. Kegubernuran Socotra pada 8 April menyalahkan STC yang berkonspirasi untuk membunuh Gubernur Ramzi Mahrous.

UEA adalah bagian dari koalisi yang dipimpin Saudi yang meluncurkan kampanye udara besar-besaran pada 2015 terhadap pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran, yang menyerbu sebagian besar Yaman, termasuk ibu kota Sanaa, setahun sebelumnya.

Untuk tahun keenam berjalan, Yaman masih menyaksikan perang kekerasan yang menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, di mana 80 persen dari populasi membutuhkan bantuan. Konflik bersenjata di negara itu telah mendorong jutaan orang ke ambang kelaparan.

PBB mengindikasikan bahwa selama konflik yang sedang berlangsung, 70.000 orang terbunuh dan terluka, sementara laporan-laporan hak asasi manusia sebelumnya memperkirakan bahwa perang telah menyebabkan kematian minimal 100.000 orang Yaman.

Kompleksitas konflik semakin diperparah oleh fakta bahwa partai-partai regional telah mengambil peran di dalamnya, dan sejak Maret 2015, koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi telah melakukan operasi militer di Yaman untuk mendukung pasukan pemerintah, dalam menghadapi Houthi yang didukung Iran, yang mengendalikan beberapa provinsi termasuk ibukota, Sanaa

TAGS : Pasukan Yaman Pulau Socotra

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70503/Pasukan-Yaman-Rebut-Kembali-Pulau-Socotra/