PBB Kenang Kematian Mantan Presiden Freitas

by

in
PBB Kenang Kematian Mantan Presiden Freitas

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Jakarta, Jurnas.com – Majelis Umum PBB berduka atas kematian Diogo Freitas do Amaral dari Portugal, presiden dari sesi ke-50 pada 1995-1996. Freitas do Amaral meninggal pada 3 Oktober 2019, di Portugal pada usia 78 tahun.

Pada pertemuan pleno untuk memberikan penghormatan kepada Freitas do Amaral, Presiden Majelis Umum saat ini Tijjani Muhammad-Bande memimpin satu menit keheningan, Rabu (16/10) waktu setempat.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang juga orang Portugis, mengatakan Freitas do Amaral meninggalkan jejak kuat sebagai penganjur pendekatan multilateral untuk menyelesaikan konflik, pembela hukum internasional, pendukung penguatan PBB melalui reformasi, dan seorang promotor untuk memperluas suara dan perwakilan di dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Guterres, yang menjabat sebagai perdana menteri Portugal selama masa jabatan Freitas do Amaral sebagai presiden Majelis Umum PBB, mengatakan ia menyaksikan bagaimana kepemimpinannya yang luar biasa di PBB meningkatkan citra Portugal.

Ini adalah titik kebanggaan besar bagi rakyat Portugis. Tetapi itu tidak mengejutkan, karena nilai-nilai dan semangat yang dibawanya ke badan dunia sangat berakar pada sumbangannya yang sangat penting bagi kehidupan demokrasi Portugal dan bagi integrasinya di Eropa, kata Guterres.

Baca juga.. :

“Portugal adalah masyarakat demokratis yang bersemangat yang kita miliki saat ini karena para pemimpin seperti Profesor Freitas do Amaral. Setelah Revolusi April 1974, ia memainkan peran utama sebagai pendiri dan pemimpin salah satu partai politik utama demokrasi. Sebagai politisi dan profesor hukum, ia membuat kontribusi sentral untuk kerangka kerja konstitusi dan hukum Portugal yang demokratis, “katanya dilansir China.org.

Freitas do Amaral menjabat sebagai menteri luar negeri Portugis, menteri pertahanan dan wakil perdana menteri. Dia adalah perdana menteri sementara untuk periode singkat antara 1980 dan 1981.

“Ahli hukum terkenal. Cendekiawan yang brilian. Politisi yang trampil. Tetapi, di atas segalanya, dia adalah pelayan publik dari ordo tertinggi, yang mengabdikan diri untuk pelayanan negaranya dan demokrasi,” kata Guterres.

Dia mengenang permohonan Freitas do Amaral kepada para pemimpin dunia pada pembukaan sesi khusus peringatan 50 tahun Majelis Umum PBB, dan meminta untuk menghormati warisannya dengan terus mengambil kata-kata itu sebagai panduan.

“Tolong beri tahu dunia bahwa kebebasan, keadilan , pengembangan dan solidaritas manusia adalah nilai-nilai luar biasa yang layak untuk dijalani dan diupayakan. Tolong beri tahu orang-orang Anda bahwa kita semua harus saling membantu demi kelangsungan hidup dan manfaat kemanusiaan,” katanya.

“Kata-kata Freitas do Amaral sama berartinya hari ini dengan ketika dia mengatakannya di aula ini hampir 25 tahun yang lalu,” tambahnya.

TAGS : Majelis Umum PBB Freitas do Amaral

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61051/PBB-Kenang-Kematian-Mantan-Presiden-Freitas/