PBB Utus Pencari Fakta ke Venezuela Selidiki Pelanggaran HAM

PBB Utus Pencari Fakta ke Venezuela Selidiki Pelanggaran HAM

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

New York, Jurnas.com – Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC) mengirim misi pencari fakta ke Venezuela guna menyelidiki pelanggaran HAM pada Jumat (27/9) waktus setempat.

Mosi yang diajukan Kelompok Lima blok 12 negara Amerika Latin yang bekerja sama untuk menemukan solusi bagi krisis Venezuela disetujui UNHCR setelah 19 anggota setuju, tujuh menentang dan 21 lainnya abstain.

Mosi itu mengutuk penindasan dan penganiayaan secara luas dengan alasan politik di Venezuela dan menyinggung soal penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap protes damai dan penahanan sewenang-wenang, penyiksaan, perlakuan buruk serta eksekusi di luar proses hukum selama operasi keamanan.

Kepala UNHRC, Michelle Bachelet, mengunjungi Venezuela pada Juni silam untuk bertemu berbagai pemangku kepentingan, termasuk Presiden Nicolas Maduro, pejabat senior pemerintah lainnya, serta pemimpin oposisi dan Presiden Majelis Nasional Juan Guaido.

Sebuah tim yang terdiri dari dua pejabat PBB tetap tinggal di negara itu setelah kunjungannya untuk memberikan bantuan teknis dan saran serta memantau situasi hak asasi manusia.

Setelah kunjungan tersebut, Bachelet menegaskan kembali keprihatinannya atas pelanggaran hak-hak ekonomi, sosial, sipil, politik dan budaya di Venezuela.

Perekonomian Venezuela merosot tajam setelah penurunan harga minyak mentah global yang menjadi sumber ekspor utama negara itu.

Sejak awal tahun ini, Venezuela mengalami krisis politik setelah Maduro dan Guaido terlibat dalam pertempuran kekuasaan yang sengit.

Hampir 5.000 orang melarikan diri dari negara itu setiap harinya karena ketidakstabilan dan ketidakpastian di tengah krisis yang berfokus pada kepresidenan dan ekonomi.

Menurut badan pengungsi PBB, sekitar tiga juta rakyat Venezuela telah meninggalkan negara itu sejak 2015. (aa)

 

TAGS : Konflik Venezuela Juan Guaido Nicolas Maduro Pencari Fakta

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60046/PBB-Utus-Pencari-Fakta-ke-Venezuela-Selidiki-Pelanggaran-HAM/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of