Pemukim Yahudi "Serbu" Tempat Suci Tepi Barat

by

in
Pemukim Yahudi "Serbu" Tempat Suci Tepi Barat

Sheikh Ekrima (foto: Anadolu)

Ramallah – Ribuan pemukim Yahudi ekstremis didukung oleh pasukan tentara Israel menyerbu tempat suci di dekat kota Nablus, Tepi Barat, pada Jumat dini hari.

“Setelah tiba dengan ratusan bus, sekitar 6.000 pemukim Yahudi memaksa masuk ke tempat itu, di mana mereka melakukan ritual Talmud,” kata Ahmed Shamekh, dari pihak kamp pengungsi Palestina Balata.

Baca juga : PBB Desak Israel-Iran Tak Perparah Luka Suriah

Menurut Shamekh, para pemukim didampingi ratusan tentara Israel dan puluhan kendaraan militer serta Menteri Pertanian Israel Uri Ariel dari Partai sayap kanan Jewish Home.

Situs keagamaan itu, yang disebut Yahudi sebagai “Makam Yusuf”, telah lama menjadi pemantik kekerasan. Namun umat Muslim mengatakan itu adalah makam seorang ulama Islam, Sheikh Yussef Dawiqat sejak dua abad lalu.

Baca juga : Iran Tuding Israel Berbohong, Tapi AS Mengecam

Kelakuan Israel juga telah melarang Sheikh Ekrima Sabri, kepala Dewan Tertinggi Muslim Yerusalem, memasuki wilayah Tepi Barat.Menurut putra syekh itu, Ammar, Sabri dipanggil ke markas polisi di Yerusalem dini hari tadi.

“Pihak Israel memberi perintah pengadilan yang melarangnya memasuki Tepi Barat selama empat bulan karena `diduga memiliki hubungan dengan organisasi teroris yang membahayakan keamanan Israel`,” kata Ammar.

Baca juga : Menlu Bahrain Dukung Israel Serang Iran

Bulan lalu, otoritas Israel menerapkan larangan penerbangan satu bulan terhadap Sabri. Keputusan yang ditandatangani oleh Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan itu mulai berlaku pada 1 Mei. (AA)

TAGS : Israel Yahudi Palestina Tepi Barat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34191/Pemukim-Yahudi-Serbu-Tempat-Suci-Tepi-Barat/