Penasihat Kerajaan Saudi Mangkir Sidang Khashoggi

by

in
Penasihat Kerajaan Saudi Mangkir Sidang Khashoggi

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Riyadh, Jurnas.com – Salah satu dari dua pejabat kerajaan Saudi terkait dengan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi tidak hadir dalam persidangan tertutup terhadap 11 tersangka.

Jaksa penuntut Saudi mengatakan, wakil kepala intelijen Ahmed al-Asiri mengawasi pembunuhan kolumnis Washington Post di konsulat Istanbul pada Oktober lalu. Saat melakukan aksinya, ia pandu Saud al-Qahtani.

Kedua pembantunya masih bagian dari lingkaran Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman dan secara resmi dipecat atas pembunuhan tersebut, tetapi hanya al-Asiri yang muncul dalam lima sidang pengadilan sejak Januari, menurut empat pejabat Barat yang mengetahui informasi tersebut.

“Qahtani tidak termasuk di antara 11 orang dalam persidangan tertutup tersebut. Apa artinya ketidakhadirannya? Apakah Saudi ingin melindunginya atau mendisiplinkannya secara terpisah? Tidak ada yang tahu,” kata salah satu pejabat Barat kepada AFP.

Jaksa penuntut umum kerajaan November lalu mendakwa 11 tersangka yang tidak disebutkan namanya, termasuk lima di antaranya yang terancam menghadapi hukuman mati atas pembunuhan tersebut.

Para diplomat dari anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), AS, Inggris, Prancis, China, Rusia, serta Turki diizinkan hadir sebagai pengamat dari proses hukum yang sepenuhnya dilakukan dalam bahasa Arab.

“Mereka tidak diizinkan membawa juru bahasa dan biasanya dipanggil dalam waktu singkat,” kata sumber itu.

Maher Mutreb, seorang agen intelijen yang sering bepergian dengan putra mahkota pada tur luar negeri, pakar forensik Salah al-Tubaigy dan Fahad al-Balawi, seorang anggota pengawal kerajaan Saudi, termasuk di antara 11 yang terancam menghadapi hukuman mati.

Dari 11 tersangka itu membela diri di pengadilan dengan mengatakan, mereka melaksanakan perintah oleh al-Asiri, menggambarkannya sebagai “biang keladi” operasi, menurut para pejabat.

Al-Asiri, yang dianggap penting dalam jajaran militer Saudi sebagai pahlawan perang, tidak menghadapi hukuman mati, tambah para pejabat Barat.

Diyakini sebelumnya telah bekerja erat dengan intelijen AS, ia juga tidak disebutkan dalam dua daftar sanksi AS Saudi yang terlibat dalam pembunuhan itu.

Al-Qahtani, yang memimpin kampanye media sosial yang berapi-api melawan kritik terhadap kerajaan dan dipandang sebagai saluran bagi putra mahkota, ada di kedua daftar.

Ia bertemu tim regu pembunuh Saudi sebelum mereka berangkat ke Turki untuk berbagi “informasi berguna terkait misi berdasarkan spesialisasi di media,” menurut kantor kejaksaan Saudi.

Ia disebug belum pernah muncul di depan umum sejak pembunuhan dan keberadaannya saat ini adalah subyek spekulasi panas.

Kolumnis Washington Post David Ignatius melaporkan awal tahun ini bahwa Pangeran Mohammed terus mencari nasihatnya, mengutip sumber-sumber AS dan Saudi.

“Qahtani menyimpan banyak file dan dokumen,” kata Ignatius mengutip seorang Amerika yang bertemu putra mahkota.

“Gagasan bahwa kamu bisa mengalami perpecahan radikal dengannya tidak realistis,” katanya.

CIA dilaporkan mengatakan pembunuhan itu kemungkinan diperintahkan Pangeran Mohammed, penguasa de facto dan pewaris takhta.

Pihak berwenang Saudi membantah keras tuduhan itu, dan dalam percakapan pribadi dengan para pejabat Barat, mereka malah mengkritik pihak berwenang Turki karena gagal menghentikan pembunuhan itu.

“Kecerdasan mereka tahu bahwa regu pembunuh (Saudi) akan datang. Mereka bisa menghentikan mereka!” seorang pejabat Saudi seperti dikutip.

Pejabat Turki adalah yang pertama melaporkan pembunuhan Khashoggi dan terus menekan Arab Saudi untuk informasi tentang keberadaan mayatnya yang sudah dipotong-potong, yang belum ditemukan.

Agnes Callamard, pelapor khusus PBB yang melakukan penyelidikan independen atas pembunuhan itu, bulan lalu mengutuk apa yang disebutnya kurang transparan dalam proses hukum dan menuntut pengadilan terbuka.

“Kerajaan itu sangat keliru jika percaya bahwa proses ini, seperti yang saat ini dilakukan, akan memuaskan masyarakat internasional,” katanya.



TAGS : Arab Saudi Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51824/Penasihat-Kerajaan-Saudi-Mangkir-Sidang-Khashoggi/