Pendapatan DKI Jakarta Turun 35 Persen Selama Covid-19

0
Pendapatan DKI Jakarta Turun 35 Persen Selama Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, Jurnas.com – Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan akui, pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap penurunan pendapatan DKI Jakarta. Menurut Anies, pendapatan DKI tahun 2020 mengalami pengurangan yang luar biasa karena Covid-19. Total, pendapatan DKI Jakarta berkurang sebesar 53%.

“Saya perlu memberikan catatan bahwa Jakarta pada saat ini mengalami keterbatasan anggaran. Juga untuk tahun 2021. Tahun 2020 ini seperti tadi disebutkan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri bahwa anggaran kita tahun 2020 adalah Rp 87 triliun. Akan tetapi pendapatan tahun ini mengalami pengurangan yang luar biasa,” ujar Anies dalam rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta secara virtual, Kamis (23/4/2020).

Anies menjelaskan pengurangan tersebut terjadi karena salah satu sektor pendapatan utama DKI sangat terpukul akibat Covid-19, yaitu sektor pajak.

Menurut Anies, penghasilan dari pajak sangat mengandalkan kegiatan perekonomian. Ketika kegiatan perekonomian turun, maka pajak yang dibayarkan juga turun.

“Ketika pajak yang dibayarkan turun maka pendapatan Pemprov DKI juga turun. Itu sebabnya kita mengalami kontraksi hingga hampir 53% berkurang. Jadi anggaran kita tinggal 47% dari anggaran semula,” terang Anies.

Karena itu, Anies berharap Musrenbang kali ini tidak hanya berfokus pada masalah kesehatan, tetapi juga kesejahteraan masyarakat. Musrenbang, kata dia, harus dapat melahirkan terobosan serta ide perencanaan yang dapat membantu percepatan pemulihan.

“Saat kita berbicara pembanguan berkualitas maka kita berbicara bagaimana kita mengembalikan, memulihkan agar dampak kontraksi perekonomian yang besar ini akan bisa terselesaikan. Kita berharap pemulihan yang nantinya kita bisa dorong adalah pemulihan yang memberi kesempatan berkembang bagi semuanya, begitu juga kesehatan dan keselamatan masyarakat,” ungkap Anies.

Lebih lanjut, Anies menekankan bahwa inti dari segala perencanaan adalah keselamatan rakyat.

TAGS : Virus Corona Anies Baswedan Covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71095/Pendapatan-DKI-Jakarta-Turun-35-Persen-Selama-Covid-19/

Leave A Reply

Your email address will not be published.