Pernyataan Mitsubishi Indonesia terkait kelangkaan chip

Jakarta (ANTARA) – Kelangkaan chip semikonduktor di pasar global telah mengganggu indutri otomotif, lalu apakah ini juga menimbulkan hambatan produksi dan operasional merek Mitsubishi di Indoensia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi, melalui presiden direkturnya menegaskan aktivitas penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia tetap berjalan normal.

“Kami ingin mengkonfirmasi berita yang beredar saat ini terkait kelangkaan komponen semikonduktor, memiliki dampak yang terbatas terhadap pasar Indonesia. MMC secara global telah melakukan beragam upaya serta persiapan untuk mengamankan produksi dan pasokan unit di Indonesia,” kata Naoya Nakamura, presiden direktur MMKSI, Senin (31/5).

Baca juga: Mitsubishi Pajero Final Edition 2022 akan segera hadir di Australia

Baca juga: Mitsubishi umumkan program penjualan Mei

Seperti disampaikan sebelumnya, saat ini antusiasme masyarakat dan permintaan konsumen akan model Xpander dan Xpander Cross sangat positif dengan adanya kebijakan relaksasi PPnBM yang diinisiasi pemerintah.

Penjualan dan produksi Xpander pun meningkat dua kali lipat dari sekitar 2.500 unit pada Januari dan Februari 2021, menjadi sekitar 5.000 unit pada periode Maret dan April 2021.

Demikian juga dengan model penyegaran medium SUV unggulan, New Pajero Sport juga mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat Indonesia.

“Berkat penerapan program insentif PPnBM oleh Pemerintah Indonesia, permintaan terhadap Xpander dan Xpander Cross diluar perkiraan, dan mengakibatkan penundaan terhadap proses pengiriman kepada konsumen,” katanya.

Menurutnya, keterlambatan pengiriman unit ke konsumen bukan karena dampak kelangkaan semikonduktor tetapi lebih karena permintaan yang sangat tinggi. Nakamura pun meminta maaf atas kondisi itu.

“Kami melakukan usaha terbaik untuk mengakselerasi dan menyesuaikan permintaan dan ketersediaan, serta memastikan konsumen segera mendapatkan unit yang sudah dipesan,” katanya menambahkan.

Baca juga: MMKSI buka program “Lebaran Service Fair”

Baca juga: Mitsubishi Xpander jadi incaran selama IIMS Hybrid 2021

Baca juga: Pasokan suku cadang MMKSI aman jelang libur lebaran

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021

Credit: Source link