Pesawatnya Dilecehkan, Iran: Kami akan Bikin AS Menyesal

by

in
Pesawatnya Dilecehkan, Iran: Kami akan Bikin AS Menyesal

Mahan Air Iran di Bandara Internasional Dubai pada 2017 (Foto: Giuseppe Cacace/ AFP)

Teheran, Jurnas.com – Teheran berjanji akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk membuat Washington menyesalkan pelecehan baru-baru ini terhadap pesawat penumpang Iran oleh dua jet tempur Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menyebut insiden yang terjadi wilayah udara Suriah itu sebagai tindakan teroris dan permusuhan berbahaya yang bertentangan dengan semua hukum internasional.

“Orang-orang Amerika mencoba segala macam bandit,” kata Mousavi pada konferensi pers di Teheran Senin (27/7), mencatat bahwa insiden itu menunjukkan AS telah mulai menggunakan pembajakan udara setelah pembajakan laut.

Insiden yang terjadi pada Kamis (23/7), menunjukkan pesawat-pesawat tempur terbang sangat dekat dengan Penerbangan 1152 Mahan Air yang lepas landas dari Teheran dan sedang menuju ke Beirut.

Dilansir dari Press TV, otoritas penerbangan sipil Suriah mengatakan bahwa insiden mengerikan itu terjadi di wilayah udaranya di atas wilayah al-Tanf. 

Baca juga.. :

Komando Pusat yang mengarahkan pasukan AS di Asia Barat mengkonfirmasi kemudian bahwa satu pesawat F-15  tersebut melakukan “inspeksi visual” terhadap pesawat Iran atas pangkalan militer AS di al-Tanf.

Pilot pesawat itu terpaksa menurunkan ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan dengan pesawat tempur AS. Kemelut yang tiba-tiba mengakibatkan cedera pada beberapa penumpang, yang menabrak kepala mereka di langit-langit pesawat.

Namun, penerbangan itu mendarat dengan selamat di ibukota Lebanon, dan semua penumpang meninggalkan pesawat.

“Kementerian Luar Negeri Iran pasti akan mengambil semua tindakan yang diperlukan, bersama dengan Staf Umum Angkatan Bersenjata, Kehakiman, dan Organisasi Penerbangan Sipil Iran, untuk membuat Amerika menyesali episode ini,” kata Mousavi.

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai mengambil beberapa tindakan, kata jurubicara itu. Setelah laporan akhir tentang insiden itu keluar, Teheran mulai mengambil langkah hukum dan diplomatik lainnya, termasuk mengajukan pengaduan dan mengejar masalah tersebut.

Mousavi kemudian membahas upaya AS agar Dewan Keamanan PBB memperpanjang embargo senjata terhadap Iran yang diperkirakan akan berakhir berdasarkan perjanjian nuklir 2015 antara Republik Islam dan negara-negara adidaya dunia.

“Kami menganggap itu sebagai tindakan yang dibuat-buat oleh AS untuk dapat mencapai tujuan ini,” kata Mousavi, mengutip konsultasi Republik Islam baru-baru ini dengan sekutu-sekutunya mengenai masalah ini.

“Kami tidak berpikir kemungkinan bahwa berbagai negara akan tunduk pada permintaan AS yang mengganggu dan tidak sah,” tambahnya.

Mousavi berharap bahwa Washington akan meninggalkan upaya sia-sianya, mengatakan Teheran akan mengambil tindakan balasan untuk memanfaatkan hak hukum dan alaminya di bawah JCPOA

TAGS : Pesawat Penumpang Iran Amerika Serikat Mahan Air

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76085/Pesawatnya-Dilecehkan-Iran-Kami-akan-Bikin-AS-Menyesal-/