Presiden Putin: Sia-sia Menekan Iran dengan Sanksi

by

in
Presiden Putin: Sia-sia Menekan Iran dengan Sanksi

Donald Trump dan Vladimir Putin (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, tidak ada gunanya tekanan sanksi terhadap Iran. Pernyataan itu disampaikan di tengah upaya Amerika Serikat (AS) mengubur kesepakatan nuklir 2015.

“Ketika membahas Iran, presiden Rusia menekankan kesia-siaan tekanan sanksi terhadap Teheran dan relevansi upaya mempertahankan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) tentang program nuklir Iran, sebagaimana disetujui Resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB,” kata kantor pers Kremlin pada Rabu, (15/7)

Menurut kantor pers Kremlin tersebut, kedua politisi tersebut membahas sejumlah masalah mendesak sehubungan dengan hubungan bilateral, termasuk tanggapan terahdap virus corona, dan upaya mempertahankan kesepakatan Iran.

JCPOA ditandatangani Iran dan AS, Inggris, Prancis, Rusia, dan China plus Jerman (P5 + 1) padaJuli 2015. Di bawah perjanjian itu, Iran diharuskan membatasi aspek-aspek tertentu dari nuklirnya dengan imbalan sanksi terkait nuklir negara itu dicabut.

Namun, administrasi Presiden AS Donald Trump secara sepihak meninggalkan perjanjian pada Mei 2018, memperkenalkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Baca juga.. :

Bertentangan dengan garis kebijakan AS tentang Iran, negara Eropa awalnya berjanji komitmen mempertahankan JCPOA, tetapi Iran mengatakan mereka gagal dalam praktik melindungi kepentingan Teheran dalam menghadapi tekanan kampanye tekanan maksimum AS.

Saat ini, AS sedang berusaha untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran di luar tanggal kedaluwarsa Oktober 2020 yang ditetapkan berdasarkan JCPOA.

Iran sudah mengambil langkah keras di AS karena upayanya untuk memicu “snapback” dari semua sanksi PBB terhadap negara itu, dengan alasan Washington tidak lagi menjadi pihak JCPOA.

Pada peringatan kelima tahun berakhirnya JCPOA, Iran mendesak pihak-pihak Eropa dalam perjanjian nuklir 2015 untuk memenuhi kewajiban mereka berdasarkan perjanjian tersebut, yang sudah menjadi target langkah “ilegal” dan “destruktif” AS.

Iran menekankan tekad Teheran untuk mengambil tindakan “tegas” terhadap “perilaku tidak bertanggung jawab” apa pun yang merusak dokumen yang disahkan PBB.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (15/7), JCPOA adalah “pencapaian penting dari diplomasi multilateral, yang telah sangat didukung oleh masyarakat internasional,” tetapi itu dalam “bahaya serius.”

Kementerian menyerukan masyarakat internasional untuk mencegah perjanjian bersejarah dari menjadi korban lain dari pendekatan “unilateral dan melanggar hukum” Washington dengan memastikan “implementasi yang seimbang” dari perjanjian oleh semua pihak.

Kementerian Luar Negeri Iran juga memperingatkan para penandatangan yang tersisa terhadap keterlibatan dalam konspirasi AS, khususnya upaya untuk menghancurkan dan melemahkan sistem embargo senjata PBB. (Press TV)

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Amerika Serikat Iran Presiden Rusia Vladimir Putin Kanselir Jerman Angela Mer

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75472/Presiden-Putin-Sia-sia-Menekan-Iran-dengan-Sanksi/