Presiden Rouhani: Dolar AS Bikin Susah Warga Biasa

Presiden Rouhani: Dolar AS Bikin Susah Warga Biasa

Presiden Hassan Rouhani

Teheran, Jurnas.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, penggunaan dolar Amerika Serikat (AS) sebagai senjata untuk menyerang negara lain hanya akan menyusahkan warga biasa. Karena itu, ia menyerukan komunitas internasional menentang unilateralisme AS.

“Kami percaya, komunitas internasional harus menghadapi pendekatan bermusuhan dan unilateralis AS dengan mengambil keputusan tegas dan langkah-langkah efektif,” kata Rouhani dalam pidatonya di pertemuan puncak Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) di ibukota Armenia Yerevan, Selasa (1/10).

Ia menambahkan, KTT EAEU akan menjadi kesempatan emas para peserta untuk bertukar pandangan dan menemukan solusi masalah regional dan internasional yang sedang berlangsung.

Rouhani menekankan, tatanan dunia didasarkan pada multilateralisme dan kerja sama bersama di antara semua anggota komunitas internasional, dan semua negara terikat tugas untuk melawan unilateralisme dalam rangka menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas global.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Rouhani, AS melakukan pendekatan sepihak dan membahayakan kesepakatan bersama dan internasional, termasuk kesepakatan nuklir 2015 tentang program nuklir Iran.

“Sayangnya, sebagai akibat dari langkah-langkah destruktif AS, kami menyaksikan banyak masalah dalam hubungan ekonomi antara negara-negara, meningkatnya kemiskinan, ketidakamanan dan imigrasi serta penurunan pembangunan ekonomi di dunia,” kata Rouhani.

Rouhani memperingatkan, kelanjutan dari kebijakan sepihak Paman Sam akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Dari itu, Rouhani menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi multilateral dan regional sejalan dengan multilateralisme dalam sistem internasional.

Di tempat lain dalam pidatonya, Rouhani mengatakan Republik Islam bertekad untuk memiliki ikatan ekonomi yang lebih dinamis di tingkat regional dan internasional.

“Menandatangani perjanjian perdagangan antara Republik Islam Iran dan Uni Ekonomi Eurasia menunjukkan sudut pandang Iran yang komprehensif dan konstruktif serta kemauan politiknya untuk membantu memperluas hubungan ekonomi dan perdagangan multilateral dan regional,” kata Rouhani.

Ia menyatakan harapan, Iran akan menikmati peningkatan perdagangan dan kerja sama ekonomi dengan Rusia, Armenia, Kazakhstan, Kirgistan dan Belarus dalam kerangka Uni Ekonomi Eurasia.

Sebelum bertandang ke Yerevan, Rouhani mengatakan, bergabung dengan EAEU memberikan sektor ekonomi publik dan swasta negara dengan peluang yang sangat baik untuk mengembangkan kegiatan perdagangan luar negeri mereka.

Uni Ekonomi Eurasia adalah organisasi internasional untuk integrasi ekonomi regional. Ini memiliki kepribadian hukum internasional dan didirikan oleh Perjanjian tentang Uni Ekonomi Eurasia.

EAEU menyediakan pergerakan bebas barang, jasa, modal dan tenaga kerja, mengejar kebijakan yang terkoordinasi, harmonis, dan tunggal di sektor-sektor yang ditentukan oleh perjanjian dan perjanjian internasional di dalam serikat pekerja.

Negara-negara anggota Uni Ekonomi Eurasia adalah Republik Armenia, Republik Belarus, Republik Kazakhstan, Republik Kyrgyzstan dan Federasi Rusia.

TAGS : Amerika Serikat Iran Hassan Rouhani

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60200/Presiden-Rouhani-Dolar-AS-Bikin-Susah-Warga-Biasa/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of