Puluhan Jiwa Melayang saat Pemakaman Jenderal Soleimani

by

in
Puluhan Jiwa Melayang saat Pemakaman Jenderal Soleimani

Jutaan orang berkumpul mengiringi pemakaman Jenderal Qassem Soleimani di Iran (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com – Bentrokan dikabarkan terjadi saat prosesi pemakaman jenazah komandan militer Iran Qassem Soleimani di kota kelahirannya di Kerman, Iran, yang menewaskan puluhan jiwa, Selasa (07/01) waktu setempat.

Dilansir UPI, bentrokan dimulai ketika jutaan pelayat membawa tubuh Soleimani dari Lapangan Azadi Kerman ke lokasi pemakamannya di pemakaman para martir. Kantor Berita Pelajar Iran melaporkan sedikitnya 50 orang tewas di kerumunan dan lebih dari 200 orang terluka.

Upacara pemakaman Soleimani, yang dijadwalkan untuk Selasa sore, dibatalkan karena adanya bentrokan terjadi di wilayah tersebut.

Kerumunan besar di Kerman, sekitar 615 mil sebelah tenggara Teheran, di ibukota dan di tempat lain yang menghormati komandan Korps Garda Revolusi Iran yang terbunuh.

Demonstrasi juga mengecam Amerika Serikat dengan nyanyian kerumunan “Matilah AS” dan “jatuh bersama Israel.”

Baca juga.. :

Soleimani, kepala Pasukan Quds IRGC, tewas Kamis dalam serangan udara di dekat bandara internasional Baghdad di Irak. Komandan paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis, seorang penasihat Soleimani, juga tewas dalam serangan itu.

Presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan itu setelah pengunjuk rasa marah oleh serangan udara mematikan 29 Desember terhadap kelompok paramiliter Irak yang didukung Iran Kataib Hezbollah menyerbu Kedutaan Besar AS di Baghdad.

Trump berjanji dalam sebuah tweet pada hari Minggu untuk mencapai 52 target di Iran “sangat keras” jika Teheran membalas kematian Soleimani, termasuk beberapa target “pada level yang sangat tinggi” yang “penting bagi Iran dan budaya Iran.”

Ancaman Trump terhadap situs-situs non-militer di Iran mendapat kecaman cepat dan meluas, dan para pejabat Pentagon kemudian mengatakan tidak ada situs budaya yang akan dijadikan sasaran.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada wartawan, Senin, Amerika Serikat tidak berniat menargetkan situs-situs yang disebutkan Trump – karena melakukan hal itu sama saja dengan kejahatan perang.

“Kami akan mengikuti hukum konflik bersenjata,” kata Milley.

Pada Selasa, Trump mengatakan bahwa ia suka “mematuhi hukum” tetapi mempertanyakan perlindungan situs budaya. Dia juga mempertahankan ancaman bahwa Amerika Serikat akan menanggapi tindakan Iran yang dianggapnya provokatif.

“Mereka membunuh orang-orang kita, mereka meledakkan orang-orang kita dan kemudian kita harus sangat lembut dengan lembaga budaya mereka?” kata Trump.

“Tapi saya setuju. Saya setuju. Jika Iran melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, mereka akan menanggung akibatnya dan sangat kuat.”

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan pada hari Selasa bahwa Iran akan menanggapi pembunuhan Soleimani, mengatakan kepada CNN bahwa langkah tersebut sama dengan “terorisme negara.”

“Ini adalah tindakan agresi terhadap Iran dan merupakan serangan bersenjata terhadap Iran, dan kami akan merespons,” katanya. “Tetapi kami akan merespons secara proporsional bukan secara tidak proporsional. Kami akan merespons secara sah, kami bukan orang yang tidak patuh hukum seperti Presiden Trump.”

Zarif mengatakan kepada ABC News bahwa Teheran “sangat sabar” dan akan menanggapi setelah “perundingan yang diperlukan” pada “waktu yang kita pilih.”

Dia mengatakan Amerika Serikat telah melanggar kedaulatan Irak dengan serangan terhadap Soleimani, menggerakkan sentimen anti-Amerika di wilayah itu dan “membunuh” seorang pejabat tinggi Iran.

“Mereka akan membayar untuk ketiga kesalahan itu,” kata Zarif.

TAGS : Jenderal Soleimani Amerika Serikat Teheran Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65250/Puluhan-Jiwa-Melayang-saat-Pemakaman-Jenderal-Soleimani/