Puluhan Mahasiswa "Hilang" Usai Demo Tolak RUU

Puluhan Mahasiswa "Hilang" Usai Demo Tolak RUU

Demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR, Selasa (24/9/2019).

Jakarta, Jurnas.com – Usai aksi unjur rasa mahasiswa, Selasa (24/9), dikabarkan masih ada puluhan mahasiswa yang belum jelas kabarnya. Jumlah laporan kehilangan ini berpotensi bertambah sebab data tersebut masih terus diverifikasi.

Hal itu dikemukakan  Aliansi Masyarakat untuk Keadilan dan Demokrasi (AMUK). “Setelah memverifikasi, tim pengacara AMUK akan memberikan bantuan hukum ke para mahasiswa,” kata Arif anggota AMUK yang juga Direktur LBH Jakarta Arif Maulana.

Menurutnya, semua mahasiswa  yang ditangkap di kantor kepolisian memiliki hak atas bantuan hukum dan tidak boleh ada penyiksaan. “Bahkan tidak boleh ada penghalangan bantuan hukum yang mestinya diperoleh kawan mahasiswa,” ujarnya.

Arif mengemukakan, kurang lebih ada 50-an yang mengadu hanya semalam saja. Ada yang informasikan  temannya ditangkap dan belum kembali.  ada yang hanya mengatakan temannya belum kembali.

Karena kondisi itulah, aliansi yang terdiri atas pelbagai lembaga bantuan hukum tersebut memutuskan membuka posko pengaduan mulai hari ini. Dan laporan atau aduan yang masuk bakal dicek ulang ke sejumlah lembaga seperti rumah sakit hingga kepolisian.

Data sementara yang diterima, mahasiswa yang ditangkap berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Kristen Indonesia (UKI), Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STHB), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Universitas Yarsi, dan Institut Kesenian Jakarta.

TAGS : Aksi Massa Rakyat Indonesia Mahasiswa Demo Bentrokan Demonstran Save KPK

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/59885/Puluhan-Mahasiswa-Hilang-Usai-Demo-Tolak-RUU/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of