Rekomendasi 7 Server Monitoring Tools Free Terbaik

Apa saja server monitoring tools free yang dapat Anda gunakan? Berikut ulasan lengkapnya.

0

Dalam dunia website, Anda dituntut mengenal banyak istilah agar mempermudah Anda dalam mengelola website. Salah satu istilah yang harus Anda pahami ialah Server Monitoring, sebuah proses untuk memantau sumber daya sistem server. Berikut server monitoring tools free yang dapat Anda gunakan.

1. Server and Application Monitor

Server & Application Monitor merupakan sebuah tools yang tersedia secara gratis untuk Anda selama masa uji coba 30 hari atau biasa disebut free trial. SAM ini menawarkan tools yang lebih dari sekadar hal bersifat basic. SAM juga memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring yang akan out of the box, server monitoring yang satu ini sangatlah unik dan menarik.

Anda perlu mencoba server monitoring tools free yang satu ini. SAM biasa digunakan untuk tipe multi-vendor server hardware serta lebih dari 200 aplikasi yang membutuhkan server monitoring seperti Java, Linux, Windows, Exchange, IIS, Active Directory dan lainnya.

Baca juga : webhosting terbaik

 

Server-Monitoring-Tools-Free-Terbaik

2. AppOptics

Selain SAM, ada juga server monitoring yang memberikan free trial selama 14 hari lamanya. Anda tentunya membutuhkan server monitoring tools yang tepercaya juga akurat, maka dari itu diberikan masa percobaan untuk meyakinkan Anda dalam menggunakan Server Monitoring ini.

Anda dapat mencoba AppOptics secara gratis dan mengeksplor apa saja fitur yang diberikan oleh server monitoring tools free terbaikyang satu ini. Ketika Anda sudah yakin dengan AppOptics, Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya, karena dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan layanan serta fitur ini secara bebas.

3. Monitor.Us

Server monitoring berikutnya yang dapat Anda gunakan ialah Monitor.Us. Monitor.us merupakan server monitoring tools yang bersifat gratis dan berbasis cloud dari TeamViewer, TeamViewer sendiri ialah hal yang memungkinkan Anda untuk berbagi layar dengan CPU lain tanpa mengenal jarak. Monitor.Us ini juga memiliki kemampuan untuk memantau sever dari Windows dan Linux secara gratis alias tidak berbayar.

Server monitoring tools free terbaik yang satu ini tentunya bisa memberikan pandangan terkait kesehatan dan ketersediaan workstation serta server Anda. Selain melakukan monitoring terhadap server, Anda juga dapat memantau network dan juga database dengan membuat dashboard khusus.

4. Nagios Core

Server monitoring yang satu ini memiliki hal yang menonjol dibandingkan server monitoring lainnya, selain gratis, sekilas tampilan yang diberikan sangat sederhana dan tentu tidak akan mengganggu Anda dari tujuan awan yaitu melakukan monitoring terhadap server lainnya. Nagios Core tidak pelru diragukan lagi karena sudah banyak sekali digunakan oleh banyak kalangan di dunia.

Sifatnya yang oper source membuat server monitoring tools free terbaik ini banyak disukai oleh para developer. Pakar IT pun berpendapat bahwa Nagios Care merupakan server monitoring yang efektif dan efisein dari segi budget, dan juga cocok untuk Anda yang suka belajar dan bereksplorasi sendiri.

5. Solarwinds Server Health Monitor

Server Monitoring yang dapat Anda gunakan selanjutnya ialah Solarwinds Server Health Monitor. Bersifat gratis, server monitoring yang satu ini dapat memungkinkan Anda untuk mengecek status, kesehatan serta ketersediaan server hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Selain itu, SSHM juga memungkinkan Anda untuk melihat status dari komponen hardware critical server seperti temperature, kecepatan fan, CPU, power supply, baterai dan hal lainnya. Server monitoring tools free terbaik yang satu ini juga mengklaim dirinya sebagai tools yang dapat mengidentifikasi masalah secara cepat. Tentunya dengan begitu Anda akan mengetahui sejauh apa performa dari aplikasi serta server yang sedang Anda pantau.

 

 

6. Ganglia

Untuk sistem computing yang memiliki high performance seperti cluster dan juga grid, tentu cocok dengan tools satu ini yang bersifat open source, karena memang didesain khusus untuk hal tersebut. Ganglia menghasilkan data analisis yang sangat mudah untuk diukur dan diteliti. Memanfaatkan teknologi mumpuni seperti XML, Ganglia menggunakannya untuk merepresentasikan data dan XDR untuk memindah datanya.

Salah satu tujuan dari Ganglia sendiri ialah untuk membuat struktur data dan juga alogaritma yang memiliki fokus terhadap efisensi yang maksimal, serta juga menghasilkan overhead yang baik bagi setiap node. Server monitoring tools free terbaik yang satu ini patut Anda coba.

7. Collectd

Server monitoring terakhir yang gratis dan perlu Anda ketahui ialah Collectd. Bersifat open soucer sama seperti Ganglia, tools yang satu ini bekerja dengan cara mengumpulkan data statistic dari performa basic system serta menampilkan hasilnya dalam berbagai macam format seperti file RRD.

Collectd ini memang biasa digunakan untuk menemukan apa bottleneck serta melakukan monitoring, juga memprediksi load sistem yang kelebihan waktu dan memberikan peringatan kepada Anda sebagai user dari server tersebut. Biasanya para developer di dunia akan menggunakan Collectd yang telah diintegrasikan dengan berbagai macam graphing tool seperti Graphite, Grafana dan juga Cacti.

 

Diatas ini merupakan ulasan dari ketujuh server monitoring tools free terbaik yang dapat Anda gunakan untuk melakukan monitoring terhadap server yang Anda miliki guna memprediksi permasalahan-permasalahan yang ada dan juga meningkatkan performa dari server Anda.
 
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.