Rekomendasi Nasi Kebuli yang Enak

Cara Buat Nasi Kebuli Sederhana dan Enak

by

in

Nasi kebuli merupakan hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

Cara Membuat Nasi Kebuli Sederhana dan Enak

Berikut ini merupakan cara membuat nasi kebuli yang sederhana dan enak :

1. Nasi Kebuli Sederhana

Nasi Kebuli Sederhana

Bahan:

  • 1 kg Daging Kambing dengan atau tanpa tulang
  • 1 Liter Beras Basmati atau Beras Pera IR 42
  • 250 gram Bawang Bombay dipotong dadu kecil
  • 6 siung Bawang Putih dipotong kecil
  • 4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
  • 3 sdm Minyak Samin/Mentega
  • Air secukupnya
  • Garam sesuai selera

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang bombay di dalam panci dengan Minyak Samin/Mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi lebih coklat.
  2. Masukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aroma nya terium kuat.
  3. Masukkan Air secukupnya sekitar 1.2 Liter tergantung jenis beras yang anda gunakan. Jika anda akan menggunakan Beras Pera IR 42, maka gunakan Air sebanyak 1.2 Liter. Jika anda menggunakan Beras Basmati, maka anda bisa menggunakan 1.4 Liter air. Semua tergantung selera anda, tambahkan air jika ingin lebih basah.
  4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Selalu jaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu berkisan dari 45 menit hingga 2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.
  5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci Beras beberapa kali hingga bersih lalu masukkan kedalam panci. Khusus untuk beras basmati, anda harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama 5-10 Menit, lalu tiriskan dan masukkan kedalam panci. Jika anda menggunakan Beras Pera IR 42, maka anda bisa langsung memasukkan kedalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Masak Nasi Kebuli hingga matang.
  7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

2. Nasi Biryani

Nasi Kebuli Ayam

Bahan :

  • 1kg Daging Kambing dengan tulang
  • 1Liter Beras Basmati/Pera IR 42
  • 3 Bawang Bombay (potong dadu)
  • 2 Bawang Putih
  • 3 sdm Bumbu Biryani Cairo Food
  • 100gram Yogurt
  • 3 Buah Tomat(Blender halus)
  • 50g Daun Ketumbar
  • 50g Daun Mint
  • Minyak Goreng Secukupnya
  • Garam sesuai selera

Cara Memasak :

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih, jika sudah berubah warna maka masukkan tomat, yogurt dan Bumbu Biryani Cairo Food.
  2. Masukkan Daging, lalu tambahkan air dan rebus hingga daging lunak. Sisakan air kaldu sebanyak 1.5 Liter untuk digunakan selanjutnya.
  3. Cuci beras dan rendam selama 5-10 Menit lalu tiriskan dan kemudian rebus dengan menggunakan kaldu yang didapat pada proses sebelumnya.
  4. Tambahkan Daun Ketumbar dan Daun Mint yang sudah dipotong kecil.
  5. Masak hingga matang

Untuk kamu yang sedang mencari Bumbu Nasi Kebuli untuk membuat hidangan nasi kebuli kamu menjadi lebih lezat, kamu bisa mencoba Bumbu Kebuli dari Cairo Food yang dipakai dan dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering.

Apa yang membedakan bumbu kebuli dari Cairo Food dengan bumbu kebuli yang lainnya? Yang membedakan bumbu ini adalah terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa, juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami. Sama halnya dengan susu kambing etawa yang diperah langsung dari kambing etawa terbaik.

Bumbu kebuli ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia atau juga bisa menghubungi melalui whatsapp di nomor 081218222610.

Baca Juga : Best Indonesian Food in Seminyak yang Menggugah Selera

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Dari mana asal mula nasi kebuli?” answer-0=”Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi Arab Yaman.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Kapan nasi kebuli disajikan dalam kebudayaan betawi?” answer-1=”Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid.” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Apa yang membedakan bumbu kebuli cairo food dengan bumbu kebuli lainnya?” answer-2=”Yang membedakan bumbu ini adalah terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa, juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]