Rencana Turki Bangun Kota di Zona Aman di Suriah Bikin Khawatir

Rencana Turki Bangun Kota di Zona Aman di Suriah Bikin Khawatir

Foto menunjukkan rancangan pembangunan kota di zona aman Suriah. (Foto: Twitter)

Ankara, Jurnas.com – Rencana Turki membangun kota di zona aman di timur laut Suriah menimbulkan kekhawatiran. Ankara kemungkinan akan mengukir sebidang tanah di negara Arab itu sendiri.

Harian TRT Haber mengungkapkan rincian skema di wilayah di luar kendali pemerintah Suriah, yang diusulkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Majelis Umum PBB Yang ke- 74 awal pekan ini.

Bulan lalu, Turki dan AS sepakat untuk membentuk zona aman yang membentang dari Sungai Efrat ke perbatasan Irak.

Suriah mengklaim kesepakatan itu sebagai agresi terang-terangan terhadap integritas teritorial negara itu dan pelanggaran mencolok hukum internasional dan Piagam PBB.

Di PBB, Erdogan sempat menunjukkan peta untuk menunjukkan zona yang ingin dibangun Turki dengan AS, dan di mana dikatakan satu juta pengungsi Suriah akan ditampung.

Turki mendorong zona aman sepanjang 20 mil (32 km) yang akan dibangun di sepanjang lebih dari 400 km perbatasannya dengan Suriah timur laut.

Awalnya mengatakan tujuan zona itu adalah untuk mengusir pasukan YPG Kurdi Suriah yang dianggap Ankara sebagai ancaman keamanan dari perbatasan. Sekarang dikatakan wilayah itu juga akan digunakan untuk menyelesaikan 1 juta dari 3,6 juta pengungsi Suriah yang dituanrumahi oleh Turki.

Di bawah rencana Turki, yang akan menelan biaya sekitar 151 miliar lira (USD27 miliar), 140 desa dan 10 kota akan didirikan di dalam zona aman.

Proyek ini akan mendirikan total 200.000 tempat tinggal. Setiap desa akan memiliki 1.000 rumah, cukup untuk menampung 5.000 orang, sementara setiap kota akan menyediakan 6.000 rumah untuk total populasi yang diproyeksikan berjumlah 30.000.

“Setiap rumah tangga yang tinggal di desa-desa akan memiliki tanah pertanian sendiri sementara setiap kota memiliki rumah sakit, lapangan sepak bola, masjid, sekolah dan fasilitas lainnya,” kata laporan itu.

TRT Haber melaporkan bahwa dana asing akan didirikan untuk membangun tempat tinggal, yang diperkirakan akan menyelesaikan 1 juta dari 3,6 juta pengungsi Suriah yang dituanrumahi oleh Turki.

Selama pidatonya pada Selasa (24/9) Erdogan meminta Majelis Umum untuk mendukung upaya Turki di Suriah.

“Tujuan kami adalah menyelesaikan 2 juta warga Suriah, dengan dukungan komunitas internasional, dengan menyediakan koridor perdamaian sedalam 30 kilometer dan panjang 480 kilometer pada fase pertama,” katanya.

Ia juga menawarkan untuk memperluas zona aman ke garis Dayr al-Zawr-Raqqah, menambahkan bahwa jika diterapkan, 3 juta warga Suriah yang dipindahkan dapat dipindahkan.

TAGS : Zona Aman Amerika Serikat Turki Majelis Umum PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60071/Rencana-Turki-Bangun-Kota-di-Zona-Aman-di-Suriah-Bikin-Khawatir/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of