Ribuan Pengacara Iran Kecam Sanksi AS yang Melanggar HAM

by

in
Ribuan Pengacara Iran Kecam Sanksi AS yang Melanggar HAM

Bendera Amerika Serikat (AS) dirusak demonstrasi anti-AS setelah pembunuhan Jenderal Qassem Suleimani. (Foto: EPA)

Teheran, Jurnas.com – Ribuan pengacara Iran menandatangani pernyataan mengecam sanksi Amerika Serikat (AS) dan tindakannya terhadap hak asasi manusia. Mereka juga menyerukan kepada organisasi internasional untuk menentang keras langkah-langkah tersebut.

Pernyataan yang ditandatangan 21.333 pengacara dan ahli hukum, berpendapat, sanksi AS terhadap bangsa Iran adalah anti-manusia, karena melanggar hak-hak dasar manusia, terutama dalam situasi saat ini di mana seluruh dunia dicengkeram virus corona.

“Sementara semua negara lain telah memobilisasi semua sumber dayanya untuk menahan penyebaran penyakit dan merawat para pasien, negara Iran menghadapi virus di satu sisi dan sanksi AS yang tidak adil, tidak manusiawi, dan kejam di sisi lain,” kata pernyataan itu.

“Hari ini, para pejabat Amerika mengakui bahwa tekanan maksimum mereka telah dirancang untuk menargetkan penduduk sipil dan orang-orang yang tidak bersalah dengan tujuan menaburkan ketidakpuasan publik dengan sistem pemerintahan Iran,” tambahnya.

Pernyataan itu mengatakan pendekatan Washington yang tidak manusiawi untuk melanjutkan sanksi terhadap Iran dan prasyarat penjualan obat-obatan dan peralatan medis ke Iran bahkan pada saat wabah COVID-19 merupakan pelanggaran terhadap masalah kemanusiaan dan sangat dikutuk.

Baca juga.. :

Tindakan AS bertentangan dengan aturan dan peraturan internasional, karena sanksi yang mencegah Iran mengakses obat-obatan dan makanan secara langsung membahayakan hak untuk hidup dan kehidupan manusia, yang merupakan hak asasi manusia yang paling dasar.

Langkah Washington menargetkan segala sesuatu mulai dari penjualan minyak hingga pengiriman dan kegiatan keuangan telah menghalangi bank asing untuk melakukan bisnis dengan Iran, termasuk kesepakatan kemanusiaan.

Pernyataan yang ditandatangani oleh pengacara Iran lebih lanjut menggambarkan sanksi AS sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, yang harus dituntut oleh Den Haag.

Ini merujuk pada pembunuhan AS terhadap komandan Iran, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak Januari di dekat Bandara Internasional Baghdad, dan menyebutnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap aturan hak asasi manusia internasional.

“Pembunuhan Jenderal Soleimani merupakan pelanggaran terhadap Pasal 2 Piagam PBB, dan membahayakan perdamaian dan keamanan internasional,” tambahnya.

“Dewan Keamanan PBB harus mengakui langkah AS sebagai pelanggaran perdamaian dan keamanan global, dan mengambil tindakan yang sesuai berdasarkan Pasal 41, dan jika dianggap perlu, berdasarkan Pasal 42 Piagam PBB,” pernyataan itu melanjutkan ke mengatakan.

Jenderal Soleimani, yang terbunuh pada Januari bersama sejumlah rekannya atas perintah langsung Presiden AS, Donald Trump, adalah tokoh yang dihormati di Iran dan di seluruh kawasan itu karena membantu mengalahkan kelompok teroris di Irak dan Suriah serta melawan pengaruh AS.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Amerika Serikat Donald Trump Pengacara Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73759/Ribuan-Pengacara-Iran-Kecam-Sanksi-AS-yang-Melanggar-HAM/