RUU HIP Abaikan TAP MPRS `Komunisme`, F-PAN Pilih Tarik Diri

by

in
RUU HIP Abaikan TAP MPRS `Komunisme`, F-PAN Pilih Tarik Diri

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay

 Jakarta, Jurnas.com – Wakil Ketua Fraksi PAN di DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menegaskan, partainya akan selalu menjaga dan mengawal RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) untuk mencantumkan TAP MPRS XXV/1966 sebagai salah satu dasar pertimbangan RUU tersebut.

Pasalnya, PAN menganggap TAP MPRS itu masih sangat diperlukan dalam rangka mengawal kemurnian ideologi Pancasila, termasuk untuk menghalau ideologi-ideologi lain yang bisa saja masuk di tengah-tengah masyarakat.

Persoalan pentingnya TAP MPRS dijadikan sebagai dasar pertimbangan disuarakan oleh hampir semua fraksi. Diharapkan, di dalam pembahasan nanti, ini akan tetap disuarakan dan diperjuangkan.

Dengan begitu, pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila itu tidak menimbulkan polemik dan kontroversi.

“Ketika dibahas di baleg, fraksi-fraksi sudah menyampaikan pandangan mini fraksi. Hampir semua mendesak agar TAP MPRS XXV/1966 dimasukkan di dalam konsideran,” kata Saleh melalui keterangannya, Minggu (17/05/2020).

Baca juga.. :

“Sikap PAN jelas terkait masalah ini. Jika TAP MPRS itu diabaikan, Fraksi PAN akan menarik diri dari pembahasan. PAN tidak mau bermain-main dengan isu-isu sensitif yang bisa mencederai umat dan masyarakat,” imbuh Saleh.

Ditegaskan Saleh, PAN akan selalu tegas lurus dalam membela dan menjungjung tinggi ideologi Pancasila. Oleh sebab itu, ideologi-ideologi lain yang hendak merongrong kesatuan dan persatuan bangsa indonesia harus ditolak secara tegas.

Masih kata Saleh, Pembahasan terkait RUU haluan ideologi Pancasila masih tahap awal. Pembahasan yang ada masih pada tahap meminta persetujuan agar dijadikan sebagai RUU inisiatif DPR. 

Nantinya, pada saat pembahasan, akan didalami dan dipertegas lagi soal sikap dan positioning PAN.

“Dalam konteks itu, kami mengundang seluruh lapisan masyarakat, ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lain-lain untuk memberikan masukan,” ujar Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

“Masukan-masukan itu insya allah akan menjadi referensi kami dalam menentukan sikap ke depan,” imbuh wakil rakyat asal Dapil Sumut II ini.

TAGS : RUU HIP TAP MPRS XXV/1966

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72430/RUU-HIP-Abaikan-TAP-MPRS-Komunisme-F-PAN-Pilih-Tarik-Diri/