Sambut Ramadan, Gojek-Tokopedia Berkolaborasi Dekatkan yang Jauh

Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam rangka menyambut Ramadan, Gojek, on-demand platform terkemuka di Asia Tenggara bekerja sama dengan Tokopedia, perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, meluncurkan kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna”. Kampanye ini bertujuan untuk mendukung masyarakat agar dapat tetap membangun hubungan erat dan bermakna di Ramadan meski masih berada dalam situasi pandemi.

Melalui kolaborasi ini, dikutip dari rilis yang diterima, pengguna Tokopedia yang berbelanja pada kategori khusus “Parsel Ramadan” akan memperoleh layanan eksklusif GoSend. Sepanjang periode 13 April – 12 Mei 2021, GoSend akan memberikan gratis ongkir senilai Rp 15.000 yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Juga, gratis ongkir senilai Rp 10.000 untuk seluruh Indonesia di luar wilayah Jabodetabek. Seluruh gratis ongkir ini dengan syarat minimum pembelanjaan Rp 30.000.

Head of Logistics Gojek Steven Halim mengatakan, situasi pandemi mendorong terjadinya pergeseran perilaku konsumsi masyarakat, dari offline menjadi online, baik dalam berbelanja, beribadah, maupun bersilaturahmi. “Di bulan Ramadan, kami melihat keterbatasan untuk dapat bersilaturahmi secara tatap muka dengan leluasa justru mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif dengan memilih mengirimkan bingkisan kepada teman maupun anggota keluarga. Hal ini tercermin dari peningkatan penggunaan layanan GoSend yang mendekati 40 persen pada Ramadan 2020 dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Steven menambahkan, kolaborasi ini tidak cuma menghadirkan solusi pengiriman yang cepat, mudah, dan aman bagi pelanggan. Tapi, juga mendorong pertumbuhan pedagang online sebagai pelaku UMKM yang selama ini telah menjadi motor pemulihan perekonomian Indonesia.

VP of Marketing Tokopedia, Hilda Kitti mengungkapkan, di Tokopedia, transaksi parsel makanan melonjak hampir empat kali lipat selama bulan Ramadan 2020 dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Ini menandakan belanja online semakin menjadi andalan masyarakat.

“Kanal digital pun kian dimanfaatkan pegiat usaha di Indonesia untuk mempertahankan bisnis terutama saat pandemi. Terbukti dari jumlah penjual di Tokopedia yang bertumbuh signifikan. Dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini dan hampir 100 persenya UMKM,” kata Hilda.

Berdasarkan keterangan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), sektor logistik untuk e-commerce mampu bertumbuh pesat di masa pandemi mencapai 18,1 persen. Sejalan dengan itu, seluruh layanan logistik Gojek yang terdiri dari GoSend, GoKilat, dan lainnya mencatat pertumbuhan hingga 25 persen selama tahun 2020.

Pertumbuhan tersebut didukung oleh perkembangan pesat bisnis UMKM, terutama segmen ritel yang memanfaatkan penjualan online dan e-commerce. Sehingga berdampak pada peningkatan kebutuhan logistik untuk pengiriman barang dari belanja online.

Kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna” ini juga menghadirkan berbagai penawaran menarik dari sejumlah layanan Gojek. Seperti layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoMart, GoTix, GoPlay, dan GoClub.

Sebelumnya, Gojek dan Tokopedia telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif. Salah satunya adalah kampanye #SenangnyaInstan. (kmb/balipost)

Credit: Source link