Satgas Relawan Covid-19 Tambah Kapasitas 1000 Relawan Wilayah Padang

by

in

JawaPos.com – Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyelenggarakan rangkaian kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas 1000 Relawan Covid-19 Wilayah Padang Raya tanggal 10-16 Oktober 2021.

Bertempat di Pangeran Beach Hotel, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Sumatera Barat Eman Rahman dan dihadiri oleh Ketua Sub-Bidang Logistik Yono Reksoprodjo, Analis Kebijakan Ahli Muda Deputi Pencegahan BNPB Hadi Sutrisno, Kalak BPBD Kota Padang Barlius, Kalak Kota Pariaman Azman, serta Perwakilan FORKOPIMDA Provinsi Sumatera Barat lainnya (12/10).

“Rangkaian kegiatan ini dimulai dari Pelatihan Supervisi Lokal (11/7), Praktik Mengajar Fasilitator (12/7), dan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19 selama lima hari yang dimulai dari tanggal 12 hingga 16 Oktober 2021 mendatang. Dalam jangka waktu lima hari tersebut, setiap harinya akan dilakukan sesi pelatihan relawan yang dibagi ke dalam empat kelas dengan jumlah peserta 25 orang dalam tiap kelasnya. Jadi total peserta program pelatihan relawan berjumlah 1000 orang dengan 200 relawan yang mengikuti pelatihan tiap harinya,” jelas Yono Reksoprodjo.

Sebanyak 1000 relawan peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan relawan dari berbagai daerah, instansi pemerintahan, dan organisasi kemasyarakatan mitra kebencanaan di sekitar Provinsi Sumatera Barat.

Seluruh relawan akan mendapatkan lima materi pelatihan yang terdiri dari, pertama pencegahan, penyebaran dan kebijakan 3M, kedua gerakan 3T (tracing, treatment, testing), ketiga relawan dan kerelawanan, keempat teknik berkomunikasi efektif, dan kelima penggunaan instrumen monitoring relawan BLC (Bersatu Lawan Covid-19).

Dalam kesempatan ini, Yono Reksoprodjo berpesan kepada para relawan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik serta menularkan kepada anggota keluarga serta masyarakat di lingkungan masingmasing.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link