Sertifikat Prakerja Ruangguru Kok Mirip Gratisan?

by

in
Sertifikat Prakerja Ruangguru Kok Mirip Gratisan?

Perbandingan sertifikat Skill Academy Ruangguru dan sertifikat gratisan dari Freepik

Jakarta, Jurnas.com – Beberapa waktu lalu heboh tentang sertifikat Prakerja Skill Academy Ruangguru, yang secara mudah didapatkan seorang warganet atas nama Agustinus Edy Kristianto tanpa menyelesaikan satu dari 11 video materi yang ada.

Dalam kritiknya yang disampaikan melalui platform Facebook, Agustinus mengatakan bahwa skema pelatihan Prakerja terbukti masih bisa meloloskan mereka yang bukan merupakan sasaran peserta.

Dan lebih dari itu, Agustinus menyebut pelatihan juga tidak terlampau berguna bagi peserta, dan hanya menguntungkan platform digital yang menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan program Prakerja.

“Hentikan segera bisnis jual-beli kelas online/video pelatihan Rp5,6 triliun ini,” tulis Agustinus di Facebooknya.

Terlepas dari kritik yang dilancarkan Agustinus, menarik untuk disoroti desain sertifikat yang dia peroleh dari Ruangguru. Sekilas, sertifikat yang ditandatangani CEO Ruangguru yang pernah menjabat sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo, Adamas Belva Syah Devara itu tampak sebagaimana sertifikat pada umumnya.

Baca juga.. :

Namun bila ditelisik, desain yang digunakan ternyata mirip dengan desain tak berbayar yang disediakan oleh laman desain Freepik.

Bedanya, bila desain sertifikat Freepik menggunakan logo padi di tengah lingkaran, Skill Academy Ruangguru menggunakan logo piala untuk sertifikat kelulusan final, dan logo bintang untuk kelulusan materi. Namun keduanya tetap menggunakan warna yang sama, yaitu warna emas.

Untuk diketahui, Skill Academy Ruangguru merupakan salah satu mitra pemerintah dalam program Kartu Prakerja Presiden Joko Widodo. Platform tersebut menyediakan berbagai pelatihan daring yang dapat dipilih oleh para peserta.

TAGS : Sertifikat Ruangguru Desain Gratisan Kartu Prakerja

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71584/Sertifikat-Prakerja-Ruangguru-Kok-Mirip-Gratisan/