SesmenkopUKM Ajak Pelaku KUMKM dan Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

by

in
SesmenkopUKM Ajak Pelaku KUMKM dan Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Sesmenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan saat membagikan Masker kepada pelaku UMKM

 

Jakarta, Jurnas.com – Meski wabah virus Corona (Covid-19) masih terus merebak, namun tak sedikit masyarakat maupun para pedagang di kawasan jalan Setia Budi, Jakarta Selatan tidak mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker.

Untuk mengatasi itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pun langsung bergerak untuk membagikan masker gratis kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun masyarakat.

Hal ini dilakukan, sebagai upaya dan tanggung jawab bersama untuk menjaga serta mematuhi protokol kesehatan.

“Ini adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama untuk memberikan kepastian dengan mengikuti protokol kesehatan. Masker ini wajib dipakai tidak bisa tidak, untuk kepentingan bersama,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan saat memimpin Pembagian masker gratis di kawasan jalan Setia Budi, Jakarta Selatan, Kamis (14/5/2020).

Baca juga.. :

Menurut Rully, memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pelaku UMKM dan masyarakat, ketika berada diluar rumah, untuk memutus penularan virus corona atau Covid-19. Apalagi, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih diberlakukan di DKI Jakarta.

“Memakai masker adalah bagian protokol kesehatan. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari tentang pentingnya masker. Selain itu, masyarakat belum semuanya mampu menyediakan masker secara jumlah yang cukup,” katanya.

Ia berharap dengan distribusi langsung masker ke pelaku UMKM dan masyarakat tersebut, maka akan tumbuh kesadaran tentang manfaat, fungsi maupun peran menjaga kesehatan. Rully mengaku, pandemi Covid-19 merupakan masalah bersama dan dibutuhkan kerjasama untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Yang paling penting mengajak masyarakat untuk peduli bahwa masalah wabah ini masalah bersama. Harus diatasi bersama dengan keikhlasan. Mentaati peraturan, mentaati protokol kesehatan dan tetap produktif menjalankan usahanya,” ujarnya.

Rully Indrawan menjelaskan, pihaknya mendukung penuh agar perekonomian masyarakat segera pulih, namun tetap menjaga kesehatan. Menurutnya, masker yang diberikan merupakan produk dari UMKM di Indonesia.

“Kami Kemenkop dan UKM mendukung agar ekonomi masyarakat tetap pulih dan kesehatan tetap terjaga. Ini yang dibagikan produksi UMKM. UMKM untuk UMKM dan Indonesia,” tambahnya. 

Ia mengaku akan terus berkeliling untuk membagikan masker gratis maupun alat pelindung diri kepada pelaku UMKM, masyarakat, petugas medis, klinik maupun layanan kesehatan.

Para pedagang dan masyarakat menyambut baik upaya pembangian masker gratis yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM. Seperti yang disampaikan Ibu Lilis, yang berjualan menu buka puasa di jalan Setia Budi, Jakarta Selatan. 

“Terima kasih pak. Kebetulan masker saya sudah lama tidak diganti,” katanya sambil melayani pembeli jelang buka puasa.

TAGS : Kemenkop dan UKM Masker Protokol Kesehatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/72376/SesmenkopUKM-Ajak-Pelaku-KUMKM-dan-Masyarakat-Taat-Protokol-Kesehatan/