Simpatisan Jokowi Bakal Pilih Sudirman Said-Ida Fauziyah

by

in
Simpatisan Jokowi Bakal Pilih Sudirman Said-Ida Fauziyah

Sudirman Said (kanan) dan Ida Fauziah (kiri)

Jakarta – Mayoritas simpatisan Presiden Jokowi di Jawa Tengah bakal memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sudirman Said-Ida Fauziyah ketimbang pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Fakta mencengangkan itu berdasarkan hasil kajian lembaga survei Focus Survei Indonesia (FSI) jelang pelaksanaan Pilkada Jawa Tengah (Jateng), melalui rilisnya, Jakarta, Jumat (22/6).



Direktur Survei Fokus Survei Indonesia, Andre Gunawan menjelaskan, dari sebaran respoden sebanyak 79,2 persen pemilih yang pernah ikut memilih Jokowi pada pilpres 2014, saat disurvei sebanyak 60,9 persen memilih pasangan Sudirman-Ida. Sedangkan yang memilih Ganjar-Taj hanya sebanyak 30,2 persen.

“Sedangkan yang memilih Prabowo Subianto pada pilpres 2104, sebanyak 79,2 persen mengaku akan memilih pasangan Sudirman-Ida dan sebanyak 12,7 persen memilih pasangan Ganjar-Taj Yasin,” terangnya.

Baca juga :

Dalam survei tersebut juga terlihat bagaimana demografi pemilih di Pilgub Jateng yang diikuti dua pasangan calon yaitu pasangan Ganjar–Taj dan pasangan Sudirman-Ida. Dimana, pemilih berdasarkan profesi, 38,1 persen ibu rumah tangga menyatakan memilih pasangan Ganjar–Taj dan 49,4 persen memilih pasangan Sudirman-Ida.

Sementara para petani, peternak dan nelayan sebesar 52,7 persen memilih pasangan Sudirman-Ida, sedangkan 38,7 persen memilih Pasangan Ganjar–Taj.

“Pasangan Sudirman-Ida juga unggul untuk pemilih kalangan pengusaha dan wiraswasta yakni 47,83 persen. Sedangkan 42,03 persen memilih pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin,” katanya.

Sementara untuk pemilih dari kalangan Karyawan Tetap, kata Andre, pasangan Sudirman-Ida juga unggul dengan tingkat keterpilihan sebanyak 60,2 persen. Sementara untuk pasangan Ganjar-Taj hanya dipilih sebanyak 28,2 persen.

“Dari kalangan pelajar dan mahasiswa juga lebih memilih Pasangan Sudirman-Ida dengan selisih cukup jauh sebesar 52,41 persen dan 31,36 persen untuk pasangan Ganjar-Taj,” urainya.

Begitu juga untuk kalangan PNS/BUMN pasangan Pasangan Sudirman-Ida mengantongi 49,57 persen, sedang pasangan Ganjar- Taj diangka 41,03 persen.

Menurutnya, fokus survei Indonesia menempatkan elektabilitas pasangan Sudirman-Ida Fauziyah unggul di atas pasangan Ganjar–Taj Yasin. Walaupun Popularitas pasangan Sudirman-Ida berada di angka 87,62 persen dan di bawah pasangan Ganjar-Taj Yasin di angka 89,7 persen.

Dalam survei tersebut, kata Andre, jika pemilihan gubernur Jateng dilakukan saat ini, maka pasangan nomor urut 2 yakni pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah akan unggul 8,7 persen.

“Responden menentukan pilihannya 52,9 persen untuk Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dan 44,2 persen untuk Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Sementara 2,9 persen dari para responden tidak menentukan pilihannya atau golput,” pungkasnya.

Diketahui, survei ini melibatkan 1.466 orang warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan 6 kota se-Jateng. Penentuan jumlah sample mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jateng di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125.

Adapun margin of eror kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei jajak pendapat dilakukan pada 2 Juni hingga 14 Juni 2018.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Jateng Presiden Jokowi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/36530/Simpatisan-Jokowi-Bakal-Pilih-Sudirman-Said-Ida-Fauziyah/