Situasi COVID-19 di Dunia Sangat Parah, China Keluarkan Imbauan Hindari Perjalanan Luar Negeri

Kesibukan di terminal kedatangan penumpang domestik di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada November 2020. (BP/Antara)

BEIJING, BALIPOST.com – Kementerian Luar Negeri China (MFA) mengeluarkan imbauan kepada warganya untuk menghindari perjalanan ke luar negeri. Hal ini dikarenakan situasi pandemi di dunia yang sangat parah.

“Oleh karena situasi COVID-19 di dunia yang sangat parah, China menyarankan warganya untuk menghindari perjalanan ke luar negeri yang tidak perlu,” kata juru bicara MFA Zhao Lijian di Beijing, Selasa (25/5), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Sayangnya dia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut, apakah imbauan tersebut juga berlaku untuk beberapa pihak di China yang hendak bepergian ke Jepang. Terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade di Tokyo.

Sebelumnya, telah ada pemberitahuan resmi dari Pusat Media Internasional MFA terkait dengan dipermudahkannya akses masuk bagi jurnalis asing dan bagi pemegang residen permit yang masih berlaku. Mereka bisa langsung kembali ke China tanpa harus mengajukan permohonan visa baru.

Kebijakan yang mulai efektif per 21 Mei 2021 tersebut juga berlaku bagi media asing di China yang hendak melakukan kegiatan liputan Olimpiade di Tokyo, Jepang.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka media asing pemegang residen permit diizinkan kembali ke China tanpa diwajibkan mengajukan visa baru lagi sepulang dari Jepang. Namun kewajiban karantina selama 21 hingga 28 hari dan persyaratan kesehatan di China tetap berlaku.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan imbauan kepada warganya agar tidak bepergian ke Jepang terkait kasus COVID-19. (kmb/balipost)

Credit: Source link