Spesialis Iran Lakukan Perbaikan Pabrik Nuklir Bushehr

by

in
Spesialis Iran Lakukan Perbaikan Pabrik Nuklir Bushehr

Foto menunjukkan pemandangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr di Iran selatan. (Press TV)

Teheran, Jurnas.com – Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mengatakan, spesialis Iran melakukan pekerjaan perbaikan dan perawatan pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr untuk pertama kalinya dan menghubungkannya kembali ke jaringan nasional.

Fasilitas, pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Iran, kembali beroperasi setelah ditutup pada awal April untuk mengganti bahan bakar dan perbaikan oleh teknisi Iran tanpa bantuan Rusia yang telah membangunnya.

“Untuk pertama kalinya, penggantian bahan bakar tahunan dan perbaikan berkala dari peralatan utama di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr dilakukan oleh spesialis yang mampu dari pembangkit listrik tenaga nuklir canggih ini, dan pembangkit listrik itu dihubungkan kembali ke jaringan listrik nasional setelah pengujian yang berhasil,” Kata AEOI pada Selasa (23/6).

“Dengan periode puncak konsumsi musim panas baru saja dimulai, pembangkit listrik tersebut berhasil memulai kembali pembangkit listrik pada hari Minggu dan terhubung dengan jaringan listrik nasional,” tambahnya.

Hari Minggu menandai dimulainya musim panas dalam kalender Iran, di mana banyak konsumen mendongkrak pendingin udara mereka di tengah suhu yang mendesis yang melihat merkuri mencapai 50 derajat celcius di beberapa kota selatan.

Baca juga.. :

Menurut Direktur Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran, Bushehr Reza Banazadeh, perubahan bahan bakar adalah proses yang sangat sensitif dan kompleks yang dilakukan oleh operator terampil Iran.

“Mereka menggunakan robot untuk mengeluarkan sepertiga bahan bakar dan memuat batang bahan bakar uranium baru ke inti reaktor setelah serangkaian kegiatan khusus,” katanya.

Juru bicara AEOI, Behrouz Kamalvandi mengatakan pada bulan Mei bahwa Iran mungkin akan mengurangi ketergantungannya pada insinyur Rusia dan menjadi mandiri dalam pekerjaan pemeliharaan di pabrik Bushehr pada tahun 2022.

“Tugas itu berhasil dilakukan terutama pada saat wabah koronavirus tahun ini telah meninggalkan Iran dengan beberapa kendala untuk menggunakan kontraktor dalam dan luar negeri di situs tersebut,” kata Banazadeh.

Dengan mengubah batasan ini menjadi peluang yang berharga dan mengandalkan pengetahuan dan tanggung jawab personel pembangkit yang berkomitmen sesuai dengan perencanaan yang tepat, perbaikan berkala peralatan utama pabrik dilakukan kekuatan yang mampu dari kompleks industri besar ini dengan minimal pemanfaatan layanan kontrak.

“Ini menunjukkan bahwa Iran dapat terus maju meskipun ada kesulitan,” kata Banazadeh.

Pabrik, yang dibangun dengan kapasitas untuk menghasilkan 1.000 megawatt daya, mulai menambah listrik ke jaringan nasional pada September 2011. Iran mulai membangun dua reaktor nuklir lagi dalam proyek bersama dengan perusahaan energi Rosatom Rusia di Bushehr pada November 2017.

Tujuan negara adalah untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kapasitas 20.000 megawatt untuk memenuhi permintaan listrik yang terus meningkat, sehingga dapat menghemat hidrokarbonnya untuk ekspor.

Menurut kepala AEOI, Ali Akbar Salehi, sebagai akibat dari operasi pabrik Bushehr, sekitar 11 juta barel minyak mentah diselamatkan setiap tahun. Ini juga membantu mengurangi hingga tujuh juta ton emisi gas setiap tahun.

“Karena biaya membangun pembangkit listrik tenaga nuklir 1.000 megawatt adalah USD5 miliar, kita perlu menginvestasikan USD100 miliar untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir dengan kapasitas untuk menghasilkan listrik 20.000 megawatt,” kata Salehi.

Rusia terlibat dalam upaya pembangkit tenaga nuklir Iran lebih dari negara mana pun. Saat ini memasok bahan bakar nuklir yang digunakan di Bushehr, tetapi Republik Islam mengatakan ingin membuat bahan bakar sendiri sehingga akan memiliki pasokan aman di masa depan. (Press TV)

TAGS : Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74257/Spesialis-Iran-Lakukan-Perbaikan-Pabrik-Nuklir-Bushehr/