Sriwijaya Air Sempat Delay 30 Menit, Dirut: Karena Cuaca Hujan Deras

by

in

JawaPos.com – Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan sekitar Kepulauan Seribu. Sebelum lepas landas, dikabarkan pesawat tersebut sempat ada keterlambatan penerbangan atau delay di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 30 menit.

Direktur Utama Sriwijaya Jefferson Irwin Jauwena menjelaskan, terjadinya keterlambatan penerbangan SJ-182 disebabkan oleh faktor cuaca. Jefferson menjelaskan saat itu sedang terjadi hujan deras.

“Jadi tadi delay, menurut informasi yang saya terima juga bahwa itu akibat hujan deras. Makanya ada delay 30 menit saat boarding,” ujarnya dalam konferensi pers Sabtu (9/1) malam WIB.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pesawat Sriwijaya Air telah hilang kontak dan dinyatakan jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Terdapat sebanyak 50 penumpang dan 12 orang kru di dalam pesawat tersebut.

“Total penumpang 50 orang bersama 12 kru. Penumpang terdiri dari 40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi,” ucapnya.

Tim SAR gabungan dari Basarnas hingga TNI-Polri langsung bergerak ke lokasi dengan mengerahkan kapal-kapal evakuasi. Berdasarkan Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit.

Terpantau, pesawat Sriwijaya Air sempat mencapai ketinggian 10.900 kaki. Mendadak, ketinggian berubah menjadi 8.950 kaki, turun ke 5.400 kaki, hingga terakhir terpantau di 250 kaki. Setelah itu, pesawat hilang kontak.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link