Strategi Kemenparekraf Dorong Daya Saing Pelaku Ekonomi Kreatif Jogja

JawaPos.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengatakan pihaknya mendorong pada pelaku ekonomi dan kreatif di Jogjakarta untuk dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Menteri Parekraf Sandiaga Uno memaparkan ada tiga hal yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya saing pelaku Parekraf di wilayah Jogjakarta. Pertama, Kemenparekraf akan memberikan pelatihan keterampilan terhadap para pelaku Parekraf. Pelatihan keterampilan itu ditujukkan agar dalam proses promosi ada inovasi baru yang dilakukan oleh pelaku Parekraf di tengah pandemi Covid-19.

“Pertama adalah peningkatan keterampilan, apa yang kita dengar dari para pelaku Parekraf, kita harus memastikan bahwa Kemenparekraf memberikan keterampilan yang diperlukan untuk era baru dari segi pemasaran ekonomi kreatif berbasis online sampai ke pembuatan konten,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (20/5).

Kedua, lanjutnya, Sandiaga menyiapkan program yang berkeadilan. Menurutnya, selama ini dunia pariwisata dan ekonomi kreatif tidak dapat menarik perhatian masyarakat karena dampak kesulitan keuangan yang dialami para pelaku Parekraf.

“Kedua adalah program yang berkeadilan. Bagaimana sekarang pariwisata dan ekonomi kreatif itu tidak eksklusif tapi justru hadir untuk masyarakat yang selama ini tertekan oleh pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sehingga, program berkeadilan ini juga akan menyasar pelaku Parekraf pemula agar dapat berkembang secara maksimal sehingg dilirik oleh masyarakat. “Jadi kami membuka peluang juga bagi para pelaku ekonomi pemula,” imbuhnya.

Terakhir, Sandiaga menegaskan Kemenparekraf siap mendorong penuh pelaku Parekraf dengan memberikan bantuan berupa dana hibah. Dana hibah ini dipastikan akan menyasar pelaku Parekraf yang membutuhkan agar tetap bertahan dan bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

“Yang ketiga adalah menyiapkan bantuan-bantuan kami harus lah tepat sasaran. Tidak boleh kita lengah karena sebentar lagi kami akan meluncurkan dana hibah pariwisata. Berarti saya dan jajaran akan memastikan dan hibah pariwisata maupun bantuan-bantuan lain, program-program lain dari Kemenparekraf itu menyasar pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link