Suka Berhutang Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Kenali 5 Dampak Buruknya

Suka Berhutang Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Kenali 5 Dampak Buruknya
Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kebiasaan berhutang kini semakin dipermudah dengan adanya pay later di e-commerce. Pay later dan pinjaman yang menawarkan bunga dalam jumlah sedikit sebenarnya hanya iming-iming belaka karena kamu sama saja berhutang.

Jika kamu berhutang untuk memenuhi kehidupanmu yang konsumtif, hingga tidak bisa membayarnya, itu dapat berdampak buruk pada dirimu sendiri. Berikut lima dampak buruk yang akan dirasakan jika kamu berhutang :

1. Mempengaruhi Kesehatan Mental

Beban yang dipikul saat memiliki hutang dapat mempengaruhi kesehatan mentalmu. Kamu akan terus dihantui dengan beban hutang yang kamu pikul. Tanda-tanda kesehatan mentalmu mulai dipengaruhi oleh hutang adalah tidak bisa tidur dengan tenang saat malam hari, tidak bisa bekerja dengan produktif, hingga frustasi karena pikiran tersebut selalu mengganggumu.

2. Hidup Jadi Tidak Tenang

Saat kamu meminjam uang, kamu tentu menjadikan barang berhargamu sebagai jaminan. Rasa takut akan kehilangan barang berhargamu karena tidak bisa membayar hutang akan membuatmu tidak tenang. Selain itu, jika kamu meminjam uang ke teman, kamu bisa saja merasa tidak tenang dan takut untuk bertatap muka dengan mereka.

3. Hutang Terus Menumpuk

Sekali kamu meminjam uang, kamu bisa terus ketagihan, apalagi saat kamu membutuhkan uang hanya untuk memenuhi kehidupanmu yang konsumtif. Rasa ketagihan ini akan membuatmu terus menerus ingin meminjam uang, hingga hutangmu akan terus menumpuk.

4. Kebutuhan Tidak Terpenuhi

Saat kamu hidup dengan hutang, kamu akan lebih memprioritaskan membayar hutang karena risikonya lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan kebutuhan sehari-hari tidak terpenuhi karena uang yang kamu miliki sudah habis untuk membayar hutang.

5. Sulit Mencapai Kesuksesan

Memiliki hutang akan membuatmu sulit dipercaya oleh orang lain, terutama jika kamu sering tidak tepat waktu saat membayarnya. Kamu juga tidak memiliki kesempatan untuk menabung karena kamu hanya fokus membayar hutang-hutangmu. Ketika orang lain menabung untuk mencapai kesuksesan, kamu akan terus fokus membayar hutang.

Itulah dampak buruk yang ditimbulkan saat berhutang. Jika kamu memang tidak memiliki kebutuhan mendesak, sebaiknya hindari berhutang, apalagi jika kamu tidak bisa membayarnya. Lebih baik kamu mulai menabung sedini mungkin untuk dana darurat di masa depan. (kmb/balipoa

Credit: Source link

Related Articles