Survei LKPI: Elektabilitas Soerya Raspationo Unggul di Pilgub Kepri 2020

by

in
Survei LKPI: Elektabilitas Soerya Raspationo Unggul di Pilgub Kepri 2020

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020

Jakarta, Jurnas.com – Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menyebut mantan Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri) Soerya Raspationo menempati urutan pertama dari sisi elektabilitas sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada serentak 2020.

Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan kepada 1220 responden terpilih, Soerya Raspationo memiliki elektabilitas tertinggi jika dibandingkan dengan kandidat lainnya.

“Hasilnya, mantan Wagub Kepri Soerya Raspationo dengan perolehan 25,60 persen. Disusul dengan Ansar Ahmad yang dipilih oleh 15,30 persen responden, Ismeth Abdullah 13,80 persen, dan petahana Isdianto 12,10 persen,” kata Arifin, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/8).

Hal itu berdasarkan hasil survei LKPI yang diselenggarakan pada 22 Juli-8 Agustus 2020. Survei kali ini dilakukan untuk memetakan pilihan masyarakat Provinsi Kepri terhadap bakal Calon Gubernur dan Pasangan Calon Gubernur Kepri pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Jajak pendapat masyarakat ini diikuti oleh 1.220 masyarakat Kepri yang tersebar secara proporsional di Kepulauan Riau terdiri dari 7 Kabupaten/Kota yaitu: Karimun, Bintan, Natuna, Lingga, Kepulauan Anambas, Batam, dan Tanjugpinang yang tersebar secara proporsional dari 1.393.439 orang yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Provinsi Kepri untuk Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Baca juga.. :

Setelah Soerya Raspationo, Iman Sutiawan dipilih oleh 4,20 persen responden, Suryani dipilih oleh 3,10 persen, Marlin Agustina 1,80 persen, dan yang belum memilih sebanyak 24,10 persen.

Dengan pertanyaan yang sama, namun dilakukan secara tertutup, nama Soerya Raspationo juga menempati posisi teratas dengan perolehan 26,5 persen.

“Disusul dengan Ansar Ahmad yang dipilih oleh 19,3 persen responden, Ismeth Abdullah 12,7 persen, dan petahana Isdianto 12,5 persen,” terangnya.

Selanjutnya, Iman Sutiawan dipilih oleh 5,3 persen responden, Suryani dipilih oleh 4,21 persen, Marlin Agustina 2,1 persen, dan yang belum memilih sebanyak 17,4 persen.

Sementara itu, dari data survei juga memaparkan hasil dari survei popularitas atau tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat, Soerya Raspationo dikenal oleh 70,6 persen responden, Ansar Ahmad 67,8 persen, dan Ismeth Abdullah 65,9 persen.

“Lalu Isdianto dikenal oleh 60,3 persen, Iman Sutiawan 30,4 persen, Suryani 30,3 persen, dan Marlin Agustina 29,6 persen,” terang Arifin.

Dalam simulasi head-to-head pada survei pilgub kepulauan Riau antara petahana Isdianto-Suryani yang akan diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hanura melawan Soerya Respationo-Iman Sutiawan yang diusung PDIP Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didapatkan sebesar 45,6 persen responden memilih Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Sedangkan 30,2 persen responden memilih pasangan Isdianto – Suryani. Mana belum memilih sebanyak 24,2 persen responden.

“Kesimpulannya, popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas Soerya Raspationo menjadi yang tertinggi karena pernah menjadi di wakil gubernur dan pernah juga maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Amsar Ahmad pada periode sebelumnya,” terang Arifin.

Sementara Isdianto menjadi gubernur dengan melewati proses politik yang panjang menggantikan Nurdin yang ditangkap KPK.

“Ketidakpuasan masyarakat sangat mempengaruhi tingkat elektabilitas dari Calon Gubernur petahana,” kata Arifin.

Untuk diketahui, metode sampling ditentukan dengan mengunakan metode multistage random sampling. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error +/- 2,8 persen.

Pengambilan data survei dilakukan dengan metode via telepon sebesar 50 persen dari responden terpilih, dan tatap muka 50 persen dari responden dengan menggunakan aturan protocol kesehatan di saat pandemi Covid-19.

TAGS : Hasil Survei Pilkada 2020 Pilgub Kepri

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76870/Survei-LKPI-Elektabilitas-Soerya-Raspationo-Unggul-di-Pilgub-Kepri-2020/