Tarif Kereta Api Jarak Jauh Mulai Rp 49.000

JawaPos.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali menjalankan beberapa kereta api (KA) untuk melayani masyarakat yang akan bepergian ke berbagai kota dengan penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat. “Tarif KA yang dioperasikan kali ini sangat terjangkau, seperti KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tarif mulai dari Rp 49.000 dan KA dari Stasiun Gambir tarif mulai dari Rp 85.000,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (7/10).

Secara total terdapat 19 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari area Daop 1 Jakarta. Rinciannya, 9 kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir, 9 kereta dari Stasiun Pasar Senen, dan 1 kereta dari Stasiun Jakarta Kota. Tujuan kereta tersebut di antaranya ke Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Tegal, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Blitar, dan Malang.

Sebanyak 19 KA yang dioperasikan saat ini merupakan penyesuaian perjalanan kereta pada masa Covid-19. Pada saat normal terdapat hingga 71 perjalanan kereta per hari, terdiri dari 37 dari Stasiun Gambir, 27 dari Stasiun Pasar Senen, 3 dari Stasiun Jakarta Kota, dan 4 kereta tambahan yang dijalankan pada weekend.

Terkait pemesanan tiket, masyarakat dapat melakukan transaksi melalui sistem online yakni aplikasi KAI Access atau agen penjualan tiket resmi lain yang telah bekerja sama dengan PT KAI. Pemesanan tiket paling cepat baru dapat dilakukan tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan atau H-7.

“Sementara pembelian tiket di loket hanya dilayani untuk sistem go show yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA di stasiun terkait,” tuturnya.

Ia menyebut, pihaknya tetap konsisten menjalankan prosedur pencegahan Covid-19 dalam setiap operasional kereta, salah satunya pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal. Selain itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan kereta.

Persyaratannya antara lain menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Serta diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air, dan sabun atau cairan antiseptik.

Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika di perjalanan kedapatan penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan.

PT KAI Daop 1 memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik, dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link