Tiga Kunci PDIP Bisa Survive dan Menang Pemilu Dua Kali Beruntun

0
Tiga Kunci PDIP Bisa Survive dan Menang Pemilu Dua Kali Beruntun

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat diskusi jelang kongres

Jakarta, Jurnas.com – Pemilu 2019 menjadi sejarah bagi Partai PDI Perjuangan karena menjadi parpol pertama yang berhasil memenangi pemilu dua kali berturut-turut pasca-reformasi.

“Ada tiga hal yang membuat PDIP bisa survive bahkan memenangi pemili dua kali bertutut-turut,” Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam Diskusi Jelang Kongres V Bali di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Diskusi mengambil tema “Akankah PDIP menang lagi di Pemilu 2024?” dengan pembicaranya adalah pengamat politik Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Andreas Pareira, selebgram Feby Elruby. Sedangkan Hasto hadir sebagai keynote speech.

Hasto menjelaskan, hal pertama yang membuat PDIP survive adalah karena memegang ideologi, yakni Pancasila sebagai dasar. Partai ini bergerak dengan ideologi dalam membangun kepentingan-kepentingan partai.

Kedua, lanjut Hasto, adanya kekuatan gorong royong yang dimiliki PDIP, sehingga ketika menjadi oposisi dan tidak punya menteri dalam kabinet pun, PDIP tetap survive. PDIP jadi oposiai total selama dua periode pemerintahan (2004-2009 dan 2009-2014).

“Dan yang ketiga itu adalah kepemimpinan yang terus -menerus. Membangun organisasi kepartaian jauh lebih penting daripada popularitas orang perorang,” tegas Hasto.

Hasto juga mengatakan, keberhasilan menjadi pemenang pemilu dua kali berturut-turut itu adalah capaian luar biasa. Sebab PDIP mendapat banyak tantangan, terutama terkait isu politik identitas.

“Kita dikatakan anti Islam, dikatakan PKI. Tetapi PDIP justru memenangkan pemilu ini karena sebuah kerja organisasi yang sistemik itu yang kita lakukan bersama-sama,” jelas Hasto.

Sementara itu, pengamat politik Burhanudin Muhtadi mengatakan, PDIP memang menjadi satu-satunya partai yang berhasil mempertahankan kemenangan dua kali berturut-turut. Sebelumnya belum pernah ada satu preseden dimana partai mengulangi kemenangan pemilu pasca-orde baru.

“Bagaimana pun kemenangan historis karena baru pertama kali terjadi, itu menjadi semacam kado indah buat kongres. Jadi buat saya keberhasilan di bawah Bu Mega berhasil membuktikan secara elektoral kongres semacam penanda keberhasilan di bawah Ibu Mega,” ujar Burhan.

TAGS : Tiga Kunci PDIP Bisa Survive Menang Pemilu Dua Kali Berturut-turut

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56989/Tiga-Kunci-PDIP-Bisa-Survive-dan-Menang-Pemilu-Dua-Kali-Beruntun/

Leave A Reply

Your email address will not be published.