Tindakan AS Bunuh Jenderal Soleimani Melanggar Piagam PBB

by

in
Tindakan AS Bunuh Jenderal Soleimani Melanggar Piagam PBB

Komandan pasukan Al Quds, Qassem Soleimani (Foto: AP)

Jakarta, Jurnas.com – Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Eksekusi di luar Pengadilan, Agnès Calamar, mendapati alasan pembunuhan Komandan Iran Qasem Soleimani “tidak sah” dan melanggar hukum internasional.

“Tidak ada ancaman nyata yang akan segera terjadi dengan keberadaan Soleimani, dan tindakan yang diambil oleh AS adalah melanggar hukum,” laporan itu menjelaskan dikutip Middleeast, Rabu (08/07).

Awal tahun ini, sebuah pesawat tak berawak AS menargetkan konvoi Soleimani ketika ia meninggalkan Bandara Internasional Baghdad, membunuhnya bersama sembilan orang lainnya.

Serangan itu melanggar Piagam PBB, tulis Callamard, menyerukan pertanggungjawaban atas pembunuhan yang ditargetkan oleh pesawat tak berawak dan untuk regulasi senjata yang lebih besar.

“Dunia berada pada saat yang kritis, dan kemungkinan titik kritis, jika menyangkut penggunaan drone. Dewan Keamanan tidak ada dalam aksi; komunitas internasional, mau tidak mau, sebagian besar diam,” ujar Callamard.

Baca juga.. :

“Serangan terhadap Jenderal Soleimani dan pangkalan AS di Irak mengakibatkan lebih banyak korban daripada target langsung mereka sendiri. 176 penumpang kehilangan nyawa ketika rudal Iran menabrak pesawat mereka, karena “kesalahan” menurut Iran, di tengah meningkatnya ketegangan, “tulisnya dalam laporan PBB.

Callamand memperingatkan bahwa Irak semakin diperlakukan seolah-olah itu adalah arena terbuka untuk penyelesaian musuh-musuh negara lain.

“Namun apa yang disampaikan oleh tindakan-tindakan ini adalah sedikit keprihatinan terhadap kesejahteraan orang-orang di negara-negara yang terkena dampak.”

Callamard dijadwalkan pada hari Kamis untuk mempresentasikan temuannya kepada Dewan Hak Asasi Manusia, memberikan negara-negara anggota kesempatan untuk memperdebatkan tindakan apa yang harus dilakukan. Amerika Serikat bukan anggota forum, telah berhenti dua tahun lalu.

Pemogokan drone 3 Januari adalah insiden pertama yang diketahui di mana suatu negara mengajukan pembelaan diri sebagai pembenaran untuk serangan terhadap aktor negara di wilayah negara ketiga, Callamard menambahkan.

TAGS : Jenderal Soleimani Piagam PBB Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75060/Tindakan-AS-Bunuh-Jenderal-Soleimani-Melanggar-Piagam-PBB/