Tinimbang Panasi Situasi, Hasto: Lebih Baik Berbuat Nyata Untuk Rakyat

Tinimbang Panasi Situasi, Hasto: Lebih Baik Berbuat Nyata Untuk Rakyat

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama penari cilik dari Cirebon

Cirebon, Jurnas.com – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, memuji gerakan warga di Dusun Ciledug Lor yang melakukan ritual larung Sungai Cisanggarung, Cirebon Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019).

Baginya, rakyat biasa tersebut lebih mampu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sesuai nilai Pancasila dibanding mereka yang sedikit-sedikit berdemonstrasi namun tak melakukan apa-apa.

Hasto hadir bersama ratusan warga Dusun Ciledug Lor melakukan larung itu. Lokasinya tepat di titik pertemuan Sungai Cisanggarung dengan Sungai Jangkelok, tepat di bawah jembatan rel kereta api.

Ia datang bersama para petinggi DPD PDIP Jawa Barat yang diketuai Ono Surono, bersama jajarannya. Hadir juga Plh. Bupati Kabupaten Cirebon Imron Rosyadi bersama Pangeran Patih Muhammad Qodiran dari Keraton Kanoman Cirebon.

Kata Hasto, kegiatan itu memiliki pesan untuk merawat dengan baik seluruh sungai dan mata air kita. Saat ini banyak sungai menderita akibat sampah plastik.

“Ketua Umum kami Ibu Megawati Soekarnoputri selalu sangat khawatir akan tradisi kita menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Karena sungai sebenarnya adalah air mata kehidupan kita, bukan pembuangan sampah,” kata Hasto.

Maka pesan dibalik upacara adat oleh warga tersebut adalah ajakan menjaga keharmonian alam lingkungan sehingga semua merawat lingkungan kita.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan apa yang dilakukan rakyat itu sama seperti kebijakan membumi Presiden Jokowi yang selalu berusaha menjaga sungai dengan baik.

“Rakyat memang lebih membutuhkan bagaimana sungai tak banjir saat hujan, bagaimana sungai jadi induk saluran yang mengaliri sawah, bagaimana sungai tak erosi, sehingga ikan bisa hidup baik karena tak ada pencemaran. Harusnya ini yang diperhatikan daripada memanas-manasi rakyat dengan hoaks dan fitnah,” beber Hasto.

“Maka harusnya mari turun ke rakyat, kita dukung gerakan seperti masyarakat di Ciledug Lor ini. Karena demokrasi kita bukan sedikit-sedikit berdemo. Namun demokrasi yang menyelesaikan masalah rakyat dengan cara musyawarah untuk mufakat,” tambahnya.

Hasto memerintahkan para anggota dewan dari PDI Perjuangan di Jawa Barat mendukung dan mengembangkan kebutuhan masyarakat untuk menjaga lestarinya alam.

“Mari kita jaga. Membangun alam raya artinya menjaga yang sudah baik, memperbaiki apa yang masih kurang. Semoga jalan kebudayaan, merawat sungai dan laut, dapat kita lakukan. Dan dari dusun ini bergeloralah energi menjaga seluruh keseimbangan alam raya sebaik-baiknya,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, sejumlah kelompok kesenian setempat menampilkan berbagai tarian budaya setempat. Hasto sempat ikut menari bersama dua anak penari cilik.

TAGS : Pelestarian alam Cirebon ritual larung

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60026/Tinimbang-Panasi-Situasi-Hasto-Lebih-Baik-Berbuat-Nyata-Untuk-Rakyat/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of