Tips Memilih Arsitek Yang Harus Di Pahami

0

 

Punya rumah masa depan adalah mimpi semua orang.  hal ini bisa dijadikan pemicumu untuk makin giat bekerja dan mengumpulkan pundi rupiah untuk segera mewujudkannya keinginan mempunyai rumah sendiri. Tentunya Kamu bisa menentukan dari sekarang design-nya mau seperti apa. Mulai dari ruang tamu, ruang tidur, hingga dapurnya.

Banyak referensi dari google yang dapat anda lihat untuk mewujudkan design rumah idaman sendiri namun untuk membuat sebuah rumah yang sesuai dengan ekspekstasi lebih baik untuk memilih jasa arsitek yang sudah terpercaya. Selain itu mungkin Anda juga sedang melihat rumah dan ingin memperluas atau merombaknya, namun kadang pasti anda berpikir untuk membutuhkan seorang arsitek. Yang menjadi masalah sekarang adalah, ketika Anda sudah menemukan beberapa/banyak arsitek, bagaimana caranya untuk memilih yang tepat untuk Anda? Ini adalah beberapa tips dalam memilih arsitek yang harus dicermati :

brown pencil on white printing paper
Photo by Sven Mieke on Unsplash

 

1. Lihat portofolionya

Seorang arsitek handal tentu dapat dilihat dari portofolionya. Semakin berpengalaman seorang arsitek, pasti portofolionya semakin kaya, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas. Bagaimana bentuk-bentuk bangunan yang pernah dia desain sebelumnya? Apakah sesuai dengan selera Anda?. Bila portofolionya begitu banyak, tetapi semuanya rumah tinggal atau bangunan tinggi (high rise) dan tidak ada satu pun proyek restoran, mungkin arsitek itu kurang tepat untuk Anda.  Apabila Anda menemukan beberapa arsitek dengan portofolio yang bagus dan sesuai dengan selera Anda, mungkin Anda dapat mulai menghubungi dan membuat janji temu dengan mereka.

 

2. Komunikasikan idemu dengan beberapa arsitek

Jangan terlalu cepat memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek. Berinteraksilah dengan beberapa arsitek sebelum memutuskan jasa arsitek mana yang akan kamu gunakan. Komunikasikan ide dan konsep yang kamu inginkan ada pada rumah impianmu.

Sama halnya saat bekerja sama dengan jasa desain rumah, pastikan sang arsitek mampu menangkap semua ide dan mampu memberikan umpan balik yang juga memuaskan dan membuatmu merasa bahwa rumah impianmu mampu diwujudkannya.

Selain itu, pastikan gaya komunikasi dan kerja sang arsitek mampu bersinergi denganmu sebagai pemilik rumah, karena selama proses desain kamu akan berkomunikasi sangat intens dengan arsitek.

 

An architect working on a draft with a pencil and ruler
Photo by Daniel McCullough on Unsplash

 

3. Referensi

Cara referensi adalah cara lain yang paling sering digunakan untuk mencari arsitek. Biasanya kita akan bertanya ke teman atau saudara kita, “Eh, kamu punya kenalan arsitek, nggak?” Mungkin beberapa teman kita akan mengenalkan dengan arsitek yang berkoneksi dengannya, atau bahkan pernah dipekerjakannya untuk membangun rumah atau kantornya.

Keuntungan dari cara ini adalah kita bisa mendapatkan info yang cukup banyak mengenai arsitek tersebut dari teman atau saudara kita, terlebih yang pernah menggunakan jasanya. Kita dapat menyambangi rumah / kantor / restoran milik teman kita yang didesain oleh arsitek tersebut untuk melihat langsung bagaimana hasil karyanya. Kita dapat juga mendengar langsung dari teman kita mengenai karakternya, apakah arsitek tersebut enak diajak bicara, bagaimana etos kerjanya, apa saja keahliannya, sampai berapa besar fee desainnya. Salah satu referensi dari orang-orang adalah Emporio Architect.

Emporio Architect adalah perusahaan yang menyediakan jasa desain rumah mewah dan penyedia informasi jasa kontraktor (rumah, villa, kost-kostan maupun bangunan lainnya seperti ruko, kantor, apartement, condotel, resort dll), yang berdiri pada tahun 2006 dengan nama perusahaan CV. Emporio Architect, kemudian pada tahun 2012, CV. Emporio Architect berganti nama menjadi CV. Renon Property untuk memperluas jaringan usaha, namun tetap menggunakan nama Emporio Architect sebagai divisi arsitek. Selain itu telah banyak penghargaan yang diberikan kepada Emporio Architect ini, untuk melihat penghargaan dan hasil karya dari Emporio Architect bisa langsung membuka websitenya di https://www.emporioarchitect.com/ .

 

4. Menanyakan proses kerja dengan mendetail termasuk harga.

Setelah Anda diyakinkan oleh komentar-komentar positif dari klien-klien yang puas, Anda bisa mulai menjajaki cara kerjanya. Masing-masing arsitek mempunyai cara kerja yang kadang sedikit berbeda satu sama lain. Anda dapat menanyakan secara mendetail bagaimana biasanya dia bekerja, mulai dari mana, apa saja yang akan dia lakukan, kapan deadline-nya, hingga ke hal yang paling penting, yaitu berapa fee-nya. Biasanya arsitek tersebut akan mengajukan penawaran yang di dalamnya tertera tahapan-tahapan pekerjaan lengkap dengan produk apa saja (gambar / maket / video) yang akan dia berikan pada Anda, deadline, dan fee untuk masing-masing tahap. Anda perlu untuk mempelajari baik-baik semua yang tertulis di situ, menanyakan bila ada yang tidak Anda pahami, dan tentu saja Anda dapat menawar harganya. Apabila harganya cocok, langsung saja deal dan perencanaan rumah impian Anda akan dimulai.

 

Apa itu seorang arsitek ?

Arsitek adalah seorang perancang skema ataupun rencana pada proyek pembangunan sebuah gedung, jalan maupun property lainnya.

Tips apa saja yang bisa dipakai dalam memilih jasa arsitek yang bagus?

1. Lihat Portofolionya 2. Komunikasikan idemu dengan beberapa arsitek 3. Referensi 4. Menanyakan proses kerja dengan mendetail termasuk harga.

Apa saja yang ditawarkan oleh jasa arsitek dari emporio?

Perusahaan Jasa Arsitek emporio menyediakan jasa desain rumah (private house), rumah mewah, rumah bali modern, rumah ekslusif, perumahan, villa, ruko, kos, apartement, dll.

Leave A Reply

Your email address will not be published.