Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah

0

Belakangan ini dengan menyebarnya wabah COVID-19 di seluruh dunia, banyak kantor-kantor yang memberikan kebijakan untuk work from home atau bekerja dirumah. Kebijakan ini bisa membuat Anda produktif dirumah, namun sebenarnya sebelum adanya kebijakan ini sudah banyak orang yang melakukan pekerjaan freelance maupun pekerjaan tetapnya dari rumah. Bagi yang tidak terbiasa dengan bekerja di rumah, mungkin ada kelebihan dan kekurangan yang akan dirasakan. Di satu sisi Anda bisa lebih santai saat bekerja dirumah, karena tentunya dengan bekerja dirumah, Anda tidak perlu repot menyiapkan pakaian kerja yang akan digunakan dan bisa menggunakan pakaian yang santai saja, selain itu Anda juga bisa mendapatkan banyak waktu bersama dengan keluarga sambil sesekali melakukan pekerjaan Anda.

Selain itu banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari work from home, ada juga beberapa kekurangannya dimana Anda sering kali merasa bosan karena melakukan pekerjaan hanya di rumah saja dan tidak bisa bertemu dengan teman-teman Anda. Ditambah lagi suasana di rumah tentunya berbeda dengan suasana di kantor sehingga Anda akan mengalami kesulitan untuk fokus dalam bekerja, sehingga bisa saja saat Anda mencoba produktif di rumah justru sebaliknya Anda tidak bisa fokus dan tidak bisa maksimal dalam mengerjakan pekerjaan dari kantor.

Anda perlu mengetahui beberapa Tips fokus saat bekerja dari rumah sehingga dengan demikian Anda bisa tetap mengerjakan pekerjaan yang dibebankan pada Anda di kantor dan mengerjakannya tepat waktu. Berikut beberapa Tips fokus saat bekerja di rumah untuk Anda :

 

Tetap Bangun Pagi Dan Sarapan

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Jannis Brandt on Unsplash

Hal yang sangat penting untuk Anda lakukan sebagai Tips fokus saat bekerja di rumah adalah Anda tetap harus bangun pagi, sarapan dan mandi pagi selayaknya Anda akan berangkat kerja. Jika Anda bangun terlalu siang maka hal tersebut hanya akan membuat tubuh Anda menjadi tidak bersemangat dan Anda pun akan merasa malas menggerakkan tubuh Anda. Bahkan akan lebih baik lagi jika Anda berolahraga sejenak sebelum memulai aktivitas kerja Anda. Ajak anak-anak Anda atau anggota keluarga yang lain untuk berolahraga ringan bersama Anda di pagi hari sehingga dengan demikian Anda dan keluarga bisa terus semangat serta memiliki waktu pagi yang menyenangkan.

Olahraga pagi yang bisa Anda lakukan di rumah seperti senam pagi atau sekedar melakukan peregangan di halaman rumah sembari berjemur. Karena sinar matahari pagi baik untuk kekebalan tubuh dan menjaga Anda tetap sehat selama harus bekerja di rumah. Bahkan dengan work from home ini bisa jadi Anda bisa bertambah sehat asalkan Anda tetap menerapkan gaya hidup yang sehat seperti menerapkan bangun pagi, olahraga, sarapan dan mandi pagi seperti biasa selayaknya Anda ingin pergi bekerja.

 

Meningkatkan Gaya Hidup Sehat

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Libby Penner on Unsplash

Masih lanjutan dari Tips fokus saat bekerja di rumah yang sebelumnya sudah disebutkan. Bahwa selama bekerja dirumah dan agar Anda tetap bisa produktif dirumah maka Anda harus meningkatkan gaya hidup sehat. Work from home ini bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesehatan Anda melalui gaya hidup sehat.

Biasanya saat sibuk bekerja di luar rumah Anda tidak sempat untuk melakukan olahraga sebelum Anda bekerja, namun kini karena bekerja dirumah, maka pada pagi hari Anda tidak perlu terlalu buru-buru dan memiliki cukup waktu untuk olahraga sejenak, oleh karena itu sebaiknya Anda tetap bangun pagi walau bekerja dari rumah. Waktu di pagi hari itulah yang Anda manfaatkan untuk berolahraga sejenak.

Bekerja di rumah bisa jadi menurunkan kesehatan seandainya Anda tidak rutin menjaga kesehatan tubuh Anda, sebab saat bekerja di rumah, Anda pastinya akan lebih sedikit bergerak dan jika Anda hanya duduk diam saja dari pagi sampai sore maka hal itu bisa membahayakan kesehatan Anda bukan? Selain itu akan lebih baik lagi jika pada saat bekerja akan lebih sehat dan fokus Anda menyiapkan cemilan berupa buah-buahan untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Tetap Disiplin Dalam Mengerjakan Pekerjaan

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Who’s Denilo ? on Unsplash

Memang benar saat bekerja dirumah maka Anda memiliki banyak waktu namun hal itu bukan berarti Anda bisa bersantai dan kemudian menunda pekerjaan Anda. Sebab saat Anda menunda pekerjaan hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak semangat untuk mengerjakannya di lain waktu, pada akhirnya pekerjaan Anda tidak akan pernah selesai karena Anda terus menundanya.

Maka dari itu disiplinlah dalam bekerja dan tetap ikuti aturan dari kantor. Saat ada rapat virtual atau teleconference yang harus Anda hadiri pada waktu yang telah ditentukan maka pastikan Anda jangan sampai terlambat menghadirinya. Saat ada pekerjaan yang diberikan maka segeralah kerjakan, setelah selesai barulah Anda bersantai. Jangan kebalikannya, bersantai dulu baru bekerja, karena nantinya Anda akan merasa malas setelah bersantai-santai. Terlalu banyak bersantai dan membuat pekerjaan terbengkalai tidak akan bisa membuat Anda fokus saat bekerja di rumah.

 

Siapkan Spot Bekerja Anda Dan Buat Senyaman Mungkin

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Kemudian Tips fokus saat bekerja dirumah lainnya adalah Anda harus membuat spot khusus untuk Anda bekerja yang Anda buat dengan senyaman mungkin. Spot khusus bisa meningkatkan semangat kerja Anda juga. Buatlah agar spot bekerja Anda memiliki semua hal yang Anda butuhkan saat bekerja, misalnya Anda susun buku-buku yang Anda perlukan di dekat meja, kemudian laptop Anda diletakkan di atas meja beserta dengan perangkat lainnya yang akan Anda butuhkan saat work from home.

Agar Anda tidak bosan saat bekerja maka Anda bisa meletakkan beberapa toples cemilan untuk Anda makan sembari Anda bekerja untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Apa saja yang menurut Anda pasti akan membuat Anda merasa nyaman agar Anda bisa produktif dirumah untuk melakukan pekerjaan freelance atau pekerjaan tetap Anda. Pastikan juga agar spot Anda bekerja itu jauh dari ruang keluarga sehingga dengan demikian Anda tidak akan terganggu dengan suara tv yang menyala atau suara ribut dari anggota keluarga Anda yang lainnya.

 

Beri Pengertian Pada Keluarga Untuk Membantu Fokus Bekerja

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan terutama jika Anda sudah memiliki anak. Tentunya anak Anda akan merasa sangat senang karena Anda memiliki banyak waktu di rumah dan tidak pergi keluar rumah untuk bekerja. Anak Anda pasti akan selalu menempel pada Anda dan ingin terus mengajak bermain.

Nah maka dari itulah memberi pengertian kepada anggota keluarga Anda juga penting sebagai Tips fokus saat bekerja di rumah. Sampaikan pada anak Anda bahwa Anda sementara ini akan selalu bekerja di rumah, maka dari itu mintalah ia untuk tidak mengganggu Anda saat jam kerja Anda dimulai, kemudian janjikan juga padanya bahwa setelah pekerjaan Anda selesai maka Anda akan bermain dengan anak Anda. Beri pengertian bahwa jika Anda tidak segera menyelesaikan pekerjaan, maka tentunya Anda tidak akan bisa bermain dengan anak-anak Anda. Sebagai orang tua tentunyalah Anda yang paling tahu tentang anak Anda, maka berbicaralah dengannya sampai ia benar-benar mengerti. Begitu juga saat Anda memberi pengertian pada anggota keluarga yang lain hingga  mereka mengerti dan tidak akan mengganggu saat Anda sedang bekerja.

 

Saat Semangat Menurun, Lihatlah Keluarga Anda Sejenak

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Masalah yang bisa dihadapi bagi Anda yang harus bekerja dirumah adalah rasa bosan dan semangat yang menurun ketika Anda mulai lelah. Pada saat ini terjadi cobalah regangkan tubuh sejenak dan kemudian keluar dari ruang kerja Anda untuk bertemu dengan keluarga Anda. Menghabiskan beberapa menit saja dengan keluarga Anda, pasti akan langsung mengembalikan semangat Anda yang sempat menurun.

Karena tentunya Anda bekerja selama ini adalah untuk keluarga Anda dan saat Anda melihat senyuman mereka maka Anda tentunya bisa kembali semangat serta mendapatkan energy untuk melanjutkan pekerjaan Anda yang sempat tertunda karena rasa bosan yang melingkupi Anda sejenak. Sebenarnya ini juga merupakan salah satu kelebihan saat Anda work from home, karena ketika Anda merasa penat Anda langsung bisa menemui orang-orang yang Anda cintai. Sedangkan saat bekerja di luar rumah, maka hal itu tidak bisa segera Anda lakukan karena terkendala dengan jarak.

 

Sesekali Komunikasi Dengan Teman Anda Melalui Video Call

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Edward Jenner from Pexels

Saat bekerja dirumah, maka Anda juga akan mendapatkan sedikit kesempatan untuk bisa bertemu dengan teman-teman Anda, selain keluarga, teman-teman juga tentunya bisa membantu Anda dalam meningkatkan semangat Anda. Untuk ini solusinya Anda bisa sesekali meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda melalui video call, saat ini sudah ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan video call beramai-ramai dengan teman-teman Anda.

Tentunya mengobrol dan bercanda dengan teman-teman walau sejenak bisa membantu Anda untuk setidaknya tertawa melepas penat yang Anda rasakan karena harus work from home. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk mengobati rasa rindu ketika Anda tidak bisa bertemu dengan teman-teman. Untuk bisa memfasilitasi semua kebutuhan Anda selama bekerja di rumah ini, Anda tentunya harus memiliki kuota internet yang memadai.

 

Lakukan Kegiatan Yang Anda Sukai Selepas Bekerja

Tips untuk Fokus Saat Kerja Dari Rumah
Photo by Olga from Pexels

Hobi adalah hal yang perlu dilakukan oleh orang-orang yang bekerja seperti Anda. Sebab dengan melakukan hobi yang Anda sukai maka hal tersebut bisa memberikan Anda perasaan yang senang dan Anda pun bisa terhindar dari stress. Nah untuk tetap sehat selama bekerja dirumah, maka gaya hidup sehat bukanlah satu-satunya yang harus Anda lakukan, hobi atau hal yang Anda sukai adalah hal lain yang harus Anda lakukan agar terhindar dari kebosanan work from home dan agar Anda juga bisa tetap sehat.

Karena stress adalah biang penyakit. Baik Anda yang produktif dirumah maupun di luar rumah, hobi tetap adalah hal yang penting untuk Anda miliki. Sehingga Tips fokus saat bekerja lainnya adalah sebaiknya Anda bisa lakukan kegiatan yang Anda sukai selepas bekerja, sehingga dengan demikian rasa penat dan stress yang sempat Anda rasakan saat bekerja tadi bisa langsung hilang serta tidak menumpuk dalam pikiran Anda.

Misalnya Anda yang hobi menonton film, cobalah Anda unduh beberapa film yang ingin Anda tonton, lalu setelah bekerja, tontonlah film ini sehingga dengan demikian pikiran yang sempat stress karena pekerjaan bisa teralihkan dengan film yang Anda tonton itu.

 

1. Apakah bekerja dirumah dapat mengganggu kesehatan?

Bekerja di rumah bisa jadi menurunkan kesehatan seandainya Anda tidak rutin menjaga kesehatan tubuh Anda, sebab saat bekerja di rumah, Anda pastinya akan lebih sedikit bergerak dan jika Anda hanya duduk diam saja dari pagi sampai sore maka hal itu bisa membahayakan kesehatan Anda bukan? Selain itu akan lebih baik lagi jika pada saat bekerja akan lebih sehat dan fokus Anda menyiapkan cemilan berupa buah-buahan untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimana cara menghilangkan kebosanan ketika sedang bekerja dirumah?

Agar Anda tidak bosan saat bekerja maka Anda bisa meletakkan beberapa toples cemilan untuk Anda makan sembari Anda bekerja untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Apa saja yang menurut Anda pasti akan membuat Anda merasa nyaman agar Anda bisa produktif dirumah untuk melakukan pekerjaan freelance atau pekerjaan tetap Anda. Pastikan juga agar spot Anda bekerja itu jauh dari ruang keluarga sehingga dengan demikian Anda tidak akan terganggu dengan suara tv yang menyala atau suara ribut dari anggota keluarga Anda yang lainnya.

3. Ketika semangat menurun ketika bekerja dari rumah apa yang harus dilakukan?

Pada saat ini terjadi cobalah regangkan tubuh sejenak dan kemudian keluar dari ruang kerja Anda untuk bertemu dengan keluarga Anda. Menghabiskan beberapa menit saja dengan keluarga Anda, pasti akan langsung mengembalikan semangat Anda yang sempat menurun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.