Tokoh Muda Papua Dorong Seluruh Kabupaten di Papua Bentuk Satgas Anti Miras

0
Tokoh Muda Papua Dorong Seluruh Kabupaten di Papua Bentuk Satgas Anti Miras

Bernolfus Tingge (Tokoh Muda Papua)

Jakarta, Jurnas.com – Tokoh Muda Papua, Bernolfus Tingge mendorong agar seluruh kabupaten di Provinsi Papua membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Minuman Keras (Miras).

Bernol mengatakan, konsumsi Miras di Papua sudah sangat mengkhawatirkan, salah satunya akibat lemahnya penegakan hukum di lapangan.

Ia menjelaskan, konsumsi Miras ini berdampak pada meningkatnya angka kematian dan rentetan masalah sosial lainnya. Bahkan angka kematian akibat Miras ini jauh lebih banyak dari kematian akibat Covid-19.

“Maka itu, selain edukasi terus dilakukan, Pemda perlu serius membentuk Satgas Anti Miras di tiap-tiap kabupaten,” ujar Bernolfus kepada wartawan, Rabu (24/6).

Bernol mengungkapkan, isu Miras di Papua khususnya di Boven Digul tempatnya bermukim memang sangat memprihatinkan. “Ini penyakit sosial yang harus kita perangi secara total,” tegasnya.

Bernol menyebut, selama ini konsumsi Miras banyak menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat terutama orang asli Papua. Banyak kecelakaan lalu lintas yang berakibat hilangnya nyawa. Bukan hanya si pemabuk, tetapi juga orang lain yang tidak bersalah.

“Misalnya masyarakat yang saat pagi sedang olahraga, tau-tau tertabrak oleh mereka yang mabuk malam harinya. Dan kejadian begini sudah banyak,” ungkapnya.

Bernol juga mengatakan dampak buruk Miras yang membuat rumah tangga rusak, dan paling sering menjadi korban adalah istri dan anak-anak.

“Kami selalu menghimbau masyarakat agar stop Miras dan kembali ke pola hidup sehat. Yang tentu juga harus dibarengi dengan upaya dari pemerintah untuk melakukan langkah pengendalian terutama peredarannya,” kata Bernol.

Bernol juga mengatakan bahwa Perda Miras hingga saat ini tidak berjalan efektif, karena implementasi yang lemah di lapangan. Bahkan Satgas Anti Miras di Kabupaten tidak berfungsi baik, karena daya dukung anggaran yang minim.

“Artinya komitmen untuk ini memang belum kuat. Padahal masalah Miras ini ada di depan mata. Kalau untuk Covid-19 yang banyak sembuhnya saja kita all out harusnya perang terhadap Miras juga demikian apalagi angka kematiannya sangat tinggi,” tuntas Bernol, tokoh muda asli Papua.

TAGS : Miras Papua Bernolfus Tingge Satgas

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74303/Tokoh-Muda-Papua-Dorong-Seluruh-Kabupaten-di-Papua-Bentuk-Satgas-Anti-Miras/

Leave A Reply

Your email address will not be published.