Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 Mei 2019

by

in
Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 Mei 2019

Menteri Perhuhungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah pejabat terkait saat meninjau kesiapan operasional Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar – Palembang, Sabtu (11/5/2019).

Lampung, Jurnas.com – Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang sudah bisa dilalui pemudik pada tahun ini. Dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar, tol sudah diresmikan dan dioperasikan. Sementara dari Terbanggi Besar hingga Palembang akan dibuka fungsional mulai 29 Mei 2019.

“Jalan tol ini (Terbanggi-Palembang) fungsional karena rambu-rambu belum maksimal. Oleh karena itu kita gunakan pada siang hari,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan, Sabtu (11/5/2019).

Dengan menggunakan Helikopter Basarnas, Menhub bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri,  Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Bagus Puruhito, dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengecek kesiapan arus mudik di tol trans Sumatera, Sabtu (11/5). Titik peninjauan dilakukan di rest area KM 234 jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang dan jalan tol fungsional Pematang Panggang – Kayu Agung (PPKA) tepatnya di Interchange KM 325.

Menhub mengatakan karena rambu-rambu, penerangan jalan dan keberadaan rest area belum maksimal maka fungsionaliasi tol Terbanggi Besar – Palembang akan dilakukan pada siang hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Tol fungsional ini akan Diberlakukan mulai 29 Mei – 10 Juni 2019 selama 13 hari.

Menhub menggarisbawahi bahwa keberadaan rest area untuk mengisi bensin, makan dan minum sangat penting bagi pemudik, karena itu pihaknya akan mengkoordinasikannya dengan stakeholder terkait.

“Yang penting adalah kesiapan bensin, toilet, tempat makan minum. Kita akan koordinasi lagi untuk mengajak stakeholder melengkapi itu. Jalan ini sejajar dengan jalan nasional, jadi ini bisa kita kolaborasikan fungsi-fungsi ini terutama fungsi-fungsi seperti bensin, makan dan sebagainya, mungkin ada informasi yang akan kita berikan melalui petugas-petugas yang ada dilapangan,” sebutnya.

Pada jalan tol fungsional Terbanggi Tinggi – Palembang sejauh 200 Km lebih ini dilaporkan akan telah disiapkan rest area sementara (temporary) di tiga titik sepanjang jalan tol tersebut.

Menhub mengatakan, yang perlu diperhatikan dengan dioperasikannya jalan tol secara fungsional dari Terbanggi Besar menuju Palembang ini yaitu mulai dari Pematang Panggang ke Kayu Agung yang hanya bisa dilalui untuk satu arah.



TAGS : Kinerja Perhubungan Tol Trans Sumatera Tol Terbanggi Besar – Palembang fungsional

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52453/Tol-Terbanggi-Besar-Palembang-Beroperasi-Fungsional-Mulai-29-Mei-2019/