Tolak Perppu UU KPK, PDIP Sebut JK Sebagai Negarawan Panutan

by

in
Tolak Perppu UU KPK, PDIP Sebut JK Sebagai Negarawan Panutan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

 

Jakarta, Jurnas.com – Penolakan Pak JK atas Perppu Revisi UU KPK Diapresiasi, DPR dan Pemerintah Solid

PDI Perjuangan mengapresiasi kepemimpinan Wakil Presiden Jusuf Kalla, se agai tokoh negarawan yang membuat sejarah, sebagai satu-satunya wapres pada dua presiden yang berbeda.

“Beliau sosok negarawan, kenyang asam garam politik, dan dikenal sebagai sosok pengambil keputusan yang cepat dan tepat,” Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Rabu (9/10/2019).

Atas dasar pengalaman Pak JK yang luas tersebut, lanjut Hasto, maka PDI Perjuangan sangat memahami mengapa Pak JK berulang kali menyatakan menolak Perppu Revisi UU KPK.

Baca juga.. :

“Ketegasan Pak JK di dalam menolak Perppu didukung oleh PDI Perjuangan. Sebab mekanisme konstitusional telah tersedia melalui Mahkamah Konstitusi sehingga jalan ke MK adalah jalan terbaik,” jelasnya.

Bagi Hasto, sosok JK sangat memahami konstruksi hukum nasional dimana KPK merupakan bagian dari kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia, dengan sifatnya yang independen, sehingga proses penegakan hukum pemberantasan korupsi tidak bisa diintervensi pihak manapun.

Kepada para pihak yang mendorong lahirnya Perppu, hendaknya memahami bahwa konsolidasi ideologi, politik, dan hukum memang wajib dilakukan guna mendukung efektivitas pemerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua ini.

Hasto menjelaskan, Revisi UU KPK telah dilakukan dengan keputusan bulat oleh DPR bersama Pemerintah. Hal tersebut juga menunjukkan efektivitas dukungan 60.7% kekuatan Parpol pengusung Jokowi-KH Maruf Amin di Parlemen.

“Atas dasar hal tersebut, Perppu bukanlah opsi politik. Presiden Jokowi tidak akan memerlemah basis utama pendukung beliau sendiri yang berasal dari rakyat melalui pemilu,” tegasnya.

Hasto memastikan, PDI Perjuangan bersama koalisi akan terus membangun komunikasi politik dan memerkuat stabilitas politik, hukum, dan ekonomi.

“Terima kasih Pak JK atas keputusan yang tegas, tepat, dan mengakar pada tradisi tata pemerintahan yang baik dan konstitusional,” tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

TAGS : Jusuf Kalla Perppu KPK

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60602/Tolak-Perppu-UU-KPK-PDIP-Sebut-JK-Sebagai-Negarawan-Panutan/