Trump Sanksi Pejabat China yang Langgar Otonomi Hong Kong

0
Trump Sanksi Pejabat China yang Langgar Otonomi Hong Kong

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (kiri) bergerak di sebelah Presiden China, Xi Jinping dalam acara para pemimpin bisnis di Aula Besar Rakyat di Beijing. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjatuhkan sanksi berupa pembatasan visa terhadap sejumlah pejabat China, yang dinilai melanggar otonomi Hong Kong.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan para pejabat yang menjadi sasaran telah bertanggung jawab maupun terlibat, dalam merongrong otonomi Hong Kong, negara kota yang direbut China pada 1997 dari Inggris.

Amerika Serikat menyerukan China untuk menghormati komitmen dan kewajibannya dalam Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris,” kata Pompeo dikutip dari France 24 pada Sabtu (27/6).

Sementara salah seorang Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang terpengaruh, atau bahkan jika mereka semua akan ditolak masuk ke Amerika Serikat.

“Orang-orang yang tunduk pada kebijakan pembatasan visa ini akan dievaluasi untuk kelayakan mereka berdasarkan kebijakan ini ketika mereka berlaku dan mungkin ditolak visa,” ujar dia.

China bergerak maju dengan undang-undang keamanan yang akan memberlakukan hukuman untuk subversi dan pelanggaran lainnya di Hong Kong, yang melihat protes pro-demokrasi besar-besaran dan kadang-kadang kekerasan tahun lalu.

Aktivis mengatakan hukum itu akan secara efektif membatalkan kebebasan yang dinikmati oleh Hong Kong, sebagai salah satu pusat keuangan utama dunia.

Tetapi kedutaan besar China di Washington bersikeras dalam sebuah pernyataan bahwa “tidak ada yang memiliki alasan hukum atau hak untuk membuat komentar yang tidak bertanggung jawab atas urusan Hong Kong mengutip Deklarasi Bersama Tiongkok-Inggris.”

“Kami mendesak pihak AS untuk segera memperbaiki kesalahannya, menarik keputusan dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri China. Pihak China akan terus mengambil langkah-langkah kuat untuk menegakkan kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan pembangunan,” tegas Kedubes China.

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Pembatasan Visa China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74471/Trump-Sanksi-Pejabat-China-yang-Langgar-Otonomi-Hong-Kong/

Leave A Reply

Your email address will not be published.