Turki Janji Bawa Perdamaian di Timur Tengah

by

in
Turki Janji Bawa Perdamaian di Timur Tengah

Presiden Turki, Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

Ankara –  Presiden Turki, Tayyip Erdogan bejanji akan  membawa perdamaian dan keamanan ke Irak dan daerah-daerah di Suriah. Ia akan mengusir organisasi-organisasi teroris di daerah-daerah itu.

Turki, yang mendukung beberapa kelompok pemberontak di Suriah, telah bekerja dengan Rusia, yang mendukung Presiden Suriah Bashar al Assad, dan Iran untuk resolusi politik terhadap krisis di negera itu.



Sejauh ini telah dilakukan dua operasi lintas batas sepanjang perbatasannya dengan Suriah dan mendirikan puluhan pos pengamatan militer di wilayah utara Suriah, Idlib.

Daerah kantong Idlib yang dikuasai pemberontak merupakan tempat perlindungan bagi warga sipil dan pemberontak yang mengungsi dari daerah lain di Suriah telah dilanda gelombang serangan udara dan penembakan bulan ini.

Baca juga :

Serangan-serangan itu merupakan kemungkinan  serangan pemerintah Suriah skala penuh, yang Turki katakan akan menjadi bencana.

Berbicara di provinsi tenggara Mus untuk memperingati ulang tahun Pertempuran Manzikert tahun 1071, Erdogan bersumpah membawa perdamaian dan keamanan ke Suriah dan Irak.

“Ini bukan untuk apa-apa bahwa satu-satunya tempat di Suriah di mana keamanan dan perdamaian didirikan di bawah kendali Turki. Insya Allah, kami akan membangun kedamaian yang sama di bagian lain Suriah juga. Insya Allah, kami akan membawa perdamaian yang sama ke Irak,” katanya.

Erdogan juga menghubungkan konflik-konflik regional dan krisis mata uang yang sedang berlangsung di Turki, yang ia gambarkan sebagai “perang ekonomi”. Ia memperingatkan bahwa ini akan mengarah pada runtuhnya daerah-daerah sekitarnya.

“Mereka yang mencari alasan sementara di balik masalah yang kita hadapi akhir-akhir ini adalah salah, sangat salah. Serangan yang kita hadapi hari ini  berakar dari sejarah,” katanya.

“Jangan lupa, Anatolia adalah dinding dan jika tembok ini runtuh, tidak akan ada lagi Timur Tengah, Afrika, Asia Tengah, Balkan atau Kaukasus,” sambungnya.

Lira Turki  jatuh hampir 40 persen tahun ini karena kekhawatiran investor atas cengkeraman Erdogan pada kebijakan moneter dan perselisihan yang berkembang dengan Amerika Serikat mengular ke mata uang.

Ankara menuduh Washington menargetkan Turki atas nasib Andrew Brunson, seorang pendeta Amerika yang diadili di Turki atas tuduhan terorisme yang ia bantah.

“Beberapa orang yang ceroboh di antara kami menganggap ini tentang Tayyip Erdogan atau Partai AK. Tidak, ini tentang Turki,” kata Erdogan.

TAGS : Timur Tengah Turki Amerika Serikat Suriah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/39922/Turki-Janji-Bawa-Perdamaian-di-Timur-Tengah/