UMKM Beragam, Libatkan Warga, dan Serap Banyak Tenaga Kerja

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebab, UMKM memiliki jenis berbagai usaha dan produk yang dalam proses produksinya melibatkan warga masyarakat.

“Jenis usaha dan produknya juga sangat beragam melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru dan mampu menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya secara virtual, Kamis (20/5).

Jokowi berharap, momentum Kebangkitan Nasional tahun ini dapat membangkitkan pula produk-produk buatan Indonesia termasuk produk UMKM agar mampu bersaing secara global.

“Kebangkitan produk-produk UMKM kita yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar pasar dalam negeri lebih kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas,” ungkapnya.

Menurutnya, setahun lalu pemerintah juga telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dia berharap setahun hasilnya semakin terlihat maju dengan peningkatan UMKM yang merambah ke digitalisasi.

“Kita ingin jumlah UMKM kita yang on-boarding ke platform e-commerce makin meningkat secara signifikan, peningkatan e-commerce pasti akan berdampak juga pada pergerakan ekonomi offline sehingga perputaran ekonomi bergerak dari bawah, bergerak dari pinggiran di berbagai pelosok Indonesia secara merata dan berkeadilan,” jelasnya.

Jokowi menambahkan, untuk mendukung kemajuan UMKM semua pihak perlu terlibat dan ikut bergerak khususnya bagi pengelola pusat perbelanjaan untuk dapat menempatkan UMKM ke lokasi yang strategis.

“Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya, tempatkan produk-produk UMKM di etalase terdepan pusat-pusat perbelanjaan, produk-produk UMKM harus lebih banyak mengisi bandara, rest area, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link