Update Haji 2020: 1.000 Jamaah Tiba di Mina

by

in
Update Haji 2020: 1.000 Jamaah Tiba di Mina

Riyadh, Jurnas.com – Sekitar 1.000 jemaah haji berkumpul di Lembah Mina di luar Mekah pada Rabu (29/7) untuk memulai perjalanan spiritual mereka seumur hidup.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal haji. Tidak ada ritual besar, sehingga para jemaah akan menghabiskan waktu mereka berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada Kamis (30/7).

Mina, jaraknya 7 km timur laut dari Masjidil Haram di Mekah dan dalam batas-batasnya, biasanya akan menjadi situs kota tenda terbesar di dunia, menampung sekitar 2,5 juta peziarah.

Namun, partisipasi haji dibatasi tahun ini untuk mengekang penyebaran pandemi virus corona, dan para jemaah adalah semua warga Arab Saudi atau ekspatriat yang tinggal di Kerajaan.

Mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam haji tahun ini dikenakan pemeriksaan suhu dan ditempatkan di karantina ketika mereka mulai tiba di Mekah, dan petugas kesehatan membersihkan barang-barang mereka.

Baca juga.. :

Staf kesehatan dan keselamatan dengan disinfektan membersihkan area di sekitar Ka`bah, struktur di tengah Masjid al-Haram yang dibungkus kain bersulam emas ke arah orang Muslim di seluruh dunia berdoa.

Otoritas haji menutup Kabah tahun ini, dan melarang jamaah menyentuhnya untuk membatasi kemungkinan infeksi. Mereka juga mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling dan ambulans untuk merawat para jemaah, meminta jemaah mengenakan masker dan menjaga jarak.

Semua jamaah yang terpilih diharuskan menjalani tes virus corona sebelum mereka tiba di Mekah, dan mereka juga akan dikarantina setelah haji.

Mereka diberi perlengkapan kenyamanan yang mencakup kerikil yang sudah disterilkan untuk ritual rajam Jamarat, disinfektan, masker, sajadah dan ihram, pakaian putih mulus yang dikenakan oleh para peziarah.

“Tidak ada masalah terkait keamanan dalam ziarah ini, tetapi itu untuk melindungi peziarah dari bahaya pandemi,” kata Direktur Keamanan Publik Arab Saudi, Khalid bin Qarar Al-Harbi seperti dilansir dari Press TV.

Pada Kamis (30/7) para jemaah akan melakukan perjalanan ke Arafat untuk mendengarkan khotbah, puncak haji. Mereka kemudian pergi ke Muzdalifah dan bermalam, sebelum kembali ke Mina untuk ritual Jamarat.

Di antara para jemaah di Mina pada Selasa adalah Zaker Kareem dan Saifullah Al-Mohammedani, dua warga Iran yang bertemu di universitas di Madinah 6 tahun yang lalu dan tinggal di Kerajaan.

Al-Mohammedani sedang menyelesaikan tahun terakhirnya di universitas. Mereka berdua mendaftarkan nama mereka di portal haji secara bersamaan.

“Saya memeriksa mengecek website sepanjang waktu untuk melihat apakah aplikasi saya diterima atau tidak,” kata Al-Mohammedani. “Saya senang ketika melihat persetujuan. Saya menelepon Zaker dan dia memberi tahu saya bahwa dia juga diterima,” sambungnya.

“Aku benar-benar bahagia,” kata Kareem.

Zelkin, seorang peziarah Azerbaijan yang tinggal dan bekerja di Jubail menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi atas kesempatan ini pada saat yang sulit.

“Saya tahu sangat sulit ketika ada penyakit virus corona di mana-mana, untuk membuat pengaturan semacam ini dalam waktu yang singkat,” katanya.

“Aku tidak percaya ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ini bukan keberuntunganku, ini kehendak Allah dan kamu harus mengikuti kehendaknya,” sambungnya.

TAGS : Virus Corona Jemaah Haji 2020 Tiba di Mina

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/76177/Update-Haji-2020-1000-Jamaah-Tiba-di-Mina/