Usai Isu Kudeta, Demokrat Bersih-Bersih, 7 Kader Dipecat, Siapa Saja?

by

in

JawaPos.com – Partai Demokrat memutuskan memecat 7 kadernya usai ramai isu kudeta terhadap kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebanyak enam kader diduga terlibat langsung dalam rencana kudeta. Sedangkan satu kader, terkait dengan penyebaran kebencian dan permusuhan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan enam orang yang dipecat terkait rencana kudeta adalah Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya.

“Keputusan pemberhentian tetap dengan tidak hormat kepada enam orang anggota Partai Demokrat ini juga sesuai dengan keputusan dan rekomendasi Dewan Kehormatan Partai Demokrat, yang telah melakukan rapat dan sidangnya selama beberapa kali dalam sebulan terakhir ini,” ujar Herzaky kepada wartawan, Jumat (26/2).

Baca juga: Dipecat Demokrat, Ketua DPC Kab Tegal Minta Rp 500 Juta Dikembalikan

Menurut Herzaky, Dewan Kehormatan Partai Demokrat telah menetapkan bahwa enam orang tersebut terbukti melakukan perbuatan tingkah laku buruk yang merugikan partai. “Karena ulahnya dengan cara mendiskreditkan, mengancam, menghasut, mengadu domba, melakukan bujuk rayu dengan imbalan uang dan jabatan, menyebarluaskan kabar bohong dan fitnah serta hoax dengan menyampaikan kepada kader dan pengurus Partai Demokrat di tingkat Pusat dan Daerah,” kata Herzaky.

Mereka juga menyebarkan Partai Demokrat dinilai gagal dan karenanya kepengurusan Partai Demokrat hasil Kongres V PD 2020 harus diturunkan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) secara illegal dan inkonstitutional dengan melibatkan pihak eksternal. Padahal, kepemimpinan dan kepengurusan serta AD/ART Partai Demokrat hasil Kongres V PD 2020, telah mendapatkan pengesahan dari pemerintah melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan masuk dalam Lembaran Negara.

“Tindakan pengkhianatan terhadap partai dan kudeta secara paksa, jelas merongrong kedaulatan, kehormatan, integritas dan eksistensi Partai Demokrat. Kudeta ini juga sangat melukai perasaan para pimpinan, pengurus dan kader Partai Demokrat, di seluruh tanah air,” ungkapnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link