Virus Misterius China Sudah Sampai ke Jepang

by

in
Virus Misterius China Sudah Sampai ke Jepang

Virus Corona (Foto: CNN)

Tokyo, Jurnas.com – Jepang mengkonfirmasi kasus infeksi pertama virus misterius asal Wuhan, China, yang di negara asalnya telah menewaskan satu orang dan memicu peringatan perjalanan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Seorang pria berusia 30-an dari prefektur Kanagawa, dinyatakan positif menurut Kementerian Kesehatan Jepang dalam sebuah pernyataan, pada Kamis (16/1).

Dikutip dari CNA, pria itu sebelumnya sempat pergi ke kota Wuhan, China, tempat wabah pneumonia diyakini disebabkan oleh jenis virus corona baru.

Ini adalah kasus kedua yang dilaporkan dari virus yang terdeteksi di luar China, setelah seorang turis Tiongkok di Thailand dikarantina awal bulan ini.

Pasien Jepang kembali dari Wuhan bulan ini dengan demam dan dirawat di rumah sakit. Dia dipulangkan pada Rabu kemarin setelah gejala mereda.

Baca juga.. :

Otoritas kesehatan Thailand mengatakan pada Rabu (15/1), mereka meningkatkan pemantauan penumpang yang tiba di bandara menjelang liburan Tahun Baru China, ketika 800.000 wisatawan Tiongkok diperkirakan akan mengunjungi negara itu.

Sementara Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan Peringatan Tingkat 1 bagi warga negaranya yang hendak melakukan perjalanan ke wilayah Wuhan.

Turis AS diimbau menghindari kontak dengan hewan, pasar hewan, atau produk hewan, dan tindakan pencegahan lainnya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memperingatkan bahwa mungkin ada wabah yang lebih luas, dan mungkin saja virus itu mungkin memiliki “penularan terbatas dari manusia ke manusia”.

Virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS).

Beberapa jenis virus menyebabkan penyakit yang kurang serius, sementara lainnya menyebabkan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) yang jauh lebih parah.

TAGS : Virus Corona China Jepang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65781/Virus-Misterius-China-Sudah-Sampai-ke-Jepang/