Warga Israel: Trump Bukan Teman Israel

by

in
Warga Israel: Trump Bukan Teman Israel

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump Akui Kedaulatan Israel di Yerusalem

Jakarta, Jurnas.com – Seorang pemimpin pemukim Israel mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump dan penasihat seniornya Jared Kushneri bukan bagian dari mitra Israel.

“Trump dan penasihat Timur Tengahnya, mereka bukanlah teman Israel,” kata David Elhayani sebagai tanggapan penolakan atas kesepakatan abad ini yang diinisiasi oleh Trump, dilansir Middleeast, Jumat (05/06).

Selama beberapa minggu terakhir, David Elhayani yang memimpin kelompok payung yang disebut walikota pemukim Dewan Yesha, telah menentang kondisi yang dinyatakan dalam “rencana perdamaian” Trump dengan alasan itu akan membuka pintu bagi Palestina dan akan mengakhiri ekspansi permukiman Israel di banyak Tepi Barat yang diduduki.

Rencana Trump untuk perdamaian Israel-Palestina termasuk Israel menjaga sebagian besar pemukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki, wilayah yang dicari warga Palestina untuk negara.

Sementara itu, Palestina juga telah menolak proposal Trump. Elhayani menambahkan bahwa presiden AS dan Kushner, menantunya, tidak memiliki kepentingan keamanan dan bentuk penyelesaian untuk masalah Israel.

Baca juga.. :

“Satu-satunya hal yang mereka khawatirkan mengenai rencana tersebut adalah mempromosikan kepentingan mereka sendiri menjelang yang akan datang pemilihan,” ujarnya.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “dengan keras mengutuk” pernyataan Elhayani dan menegaskan bahwa Presiden Trump adalah teman baik Negara Israel.

“Dia telah memimpin proses bersejarah untuk kebaikan Negara Israel, di antara mereka mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem dan mengakui legalitas perusahaan pemukiman di Yudea dan Samaria,” katanya mengacu pada Tepi Barat yang diduduki.

Netanyahu telah berulang kali mengatakan dia berencana untuk bergerak maju dengan secara sepihak mencaplok wilayah-wilayah ini mulai bulan depan, meskipun AS dilaporkan telah mengatakan kepadanya untuk ” memperlambat proses “.

TAGS : Donald Trump Warga Israel

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/73299/Warga-Israel-Trump-Bukan-Teman-Israel/